Rabu, 09 Januari 2013

Dilema Moral 15


Dilema Moral

Masih dan Sungguh di Luar Dugaan !
Oleh : Nayla Berliana Nugrahandhini  (201210070311171)

Ada seorang Ibu pengemis membawa anaknya yang masih bayi dalam menjalankan aktivitasnya. Di tempat yang tidak jauh dari lokasi ibu separuh baya tersebut beraktivitas ada seorang pemuda yang baru saja keluar dari supermarket, berniat untuk menyedekahkan sebagian uang yang dimilikinya kepada pengemis tersebut.
Dari kejauhan datanglah seorang wanita karir memberikan uangnya kepada pengemis tersebut, tetapi yang terjadi sungguh jauh dari dugaan. Si ibu pengemis menggunakan uang yang pemberian wanita tersebut untuk membeli rokok dan kemudian mengkonsumsinya.
Melihat kejadian itu si Pemuda membelikan uangnya sekotak susu dengan harapan akan diberikan pada si bayi anak pengemis. Setelah memberikannya kepada Ibu pengemis, lagi-lagi yang etrjadi masih di luar dugaan. Si Ibu meminumnya tanpa sisa untuk anaknya.

Pertanyaan :
1.      Bagaimana cara kita menyikapi keadaan seperti yang dialami oleh pemuda ini?
2.      Bagaimana pengaruh sikap/perilaku ibu seperti ini terhadap perkembangan mental si anak?
3.      Bagaimana atau langkah apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan si anak agar tidak meniru perilaku ibunya?

1 komentar:

  1. susah juga ya
    kalau untuk pemuda ini seharusnya dia menerima saja, karena dia kan sudah menyumbangnya, entah itu di buat apa teserah penerima.
    dan kemungkinan juga anaknya akan mengikuti ibunya.

    BalasHapus