Rabu, 09 Januari 2013

Dilema Moral 22


NAMA : Nurul Hidayati
NIM : 201210070311149
KELAS : 1-D
JURUSAN : Pendidikan Biologi
FKIP
DILEMA MORAL
Disebuah keluarga, terdapat suami istri yang dalam kesehariannya selalu bertengkar, mereka mempunyai seorang anak perempuan yang masih SMA. Anak tersebut selalu
melihat kedua orang tuanya bertengkar setiap hari. Sampai kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai. Anak tersebut terkejut mendengar perkataan kedua orang tuanya yang memutuskan untuk bercerai. Anak tersebut binggung, stres, karena tidak bisa terima kedua orang tuanya bercerai. Kedua orang tuanya tidak mau mengerti perasaan anaknya saat ini. Sampai anak tersebut memutuskan kabur dari rumahnya dan tidak pernah mau kembali lagi pada keluarganya.
Pertanyaan :
1. Menurut anda, bagaimana moral sang suami istri jika dia memperlakukan anaknya seperti itu ?
2. Bagaimana perasaan sang anak terhadap kejadian tersebut ?
3. Apakah dengan kaburnya sang anak dapat menyelesaikan masalah ?

* Yana Ismiarti (157)
Anak sekolah, broken home, disekolahnya doni dikenal sebagai anak yang lugu dan pintar. Suatu ketika nilanya begitu turun drastis, doni binggung, doni merasa hidupnya ini sangat tidak adil. Ulangan semesterpun tiba, tadi malam doni lupa belajar, ketika menjawab soal-soal, doni merasa kesulitan. Teman disampingnya pun menyuruh doni untuk mencontek, tapi doni tidak mau, temannya tersebut terus mendesak untuk mencontek, donipun akhirnya mau mencontek.
Pertannayaan :
1. Apakah kita harus mencontek, meskipun dalam keadaan mendesak ?
2. Apakah mencontek itu adalah perbuatan tercela ?
3. Bagaimana yang harus anda lakukan, apabila mengalami hal seperti doni ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar