Senin, 10 Desember 2012

ASPEK PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK


ASPEK PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK
Jurnal
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina oleh Bpk. Nur Widodo
Oleh :
Genius Anggara Putra             201210070311138
Tiara Cahyaning Putri             201210070311164
Nindi Nazula Fajarini              201210070311170



·         Identitas Kelompok :
1.      If’alul Naufal              (201210070311136 )
2.      Fidrianti                      (201210070311154 )
3.      Desi Wulansari            (201210070311166 )

·         Judul : Aspek Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik

·         Ringkasan Materi :

Pengertian :
Psikomotorik adalah berhubungan atau mengarah kepada akibat-akibatmotor dari proses mental (kerja otak).
Ciri khas dari keterampilan motorik adalah otomatisme, yaiturangkaian gerak-gerik yang berlangsung secara teratur dan berjalan lancar tanpa dibutuhkan banyak refleksi atau berfikir terhadap apa yang harusdilakukan dan mengapa harus mengikuti suatu gerakan.

Pentingnya perkembangan psikomotorik dalam pembelajaran:
Kemampuan psikomotorik hanya bisa dikembangkan dengan latihan latihan yang menuju kearah peningkatan kemampuan anak. Pengembangan ini memerlukan rangsangan yang kuat agar perkembangan potensi psikomotorik anak bisa optimal.
Peningkatan potensi perkembangan psikomotorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kesuksesan pengajaran. Dengan peningkatan kemampuan motorik, anak akan mampu menerima pengajaran sesuai dengan batasan jenjang pendidikanya.

Faktor yang Mempengaruhi Fsikomotorik Anak
a.                   Faktor pola asuh orang tua
b.                  Gen Dari Orang Tua
c.                   Pengaruh Lingkungan
d.                  Interior Ruang Belajar Mempengaruhi Peningkatan Potensi Psikomotorik Anak
e.                   Warna


Tahapan-tahapan pengembangan peserta didik :
a.       Tahap Kognitif
Tahap ini ditandai dengan adanya gerakan gerakan yang kaku dan lambat.
b.      Tahap Asosiatif
Pada tahap ini seorang anak ataupun siswa membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk memikirkan tentang gerakanya, dia mulai dapat mengasosiasikan gerakan yang sedang dipelajarinya dengan gerakan yang sudah dikenal.
c.       Tahap otonomi
Pada tahap ini seorang siswa telah mencapai tingkat otonomi yang tinggi, proses belajarnya sudah hampir lengkap meskipun dia masih dapat memperbaiki gerakan garakan yang dipelajarinya.

Tehnik Mengembangkan Potensi Psikomotorik Pada Peserta Didik

a.       Model Permainan Atau Out Bond
b.      Model Meniru
c.       Model Kelompok Belajar dan Bermain

·         Tanya Jawab :

a.       Tanya
1.      Bagaiman cara menyeimbangkan orang yang aktif psikomotorik dan akademik? (Dwi Kurniawati 139)
2.      Apa yang dimaksud dengan gerakan yang kaku dan lambat pada tahap kognitif? (Nayla Berliana 171)
3.      Bagaimana hubungan antara psikomotorik dengan psikologis? (Fennalia Putri 172)

b.      Jawab
1.      Tidak perlu diseimbangkan, karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda yang dapat dipengaruhi oleh faktor.
(Nayla 171) Bisa dikembangkan karena faktor dari diri anak tersebut dan lingkungan yang mendukung.
2.      Anak yang kaku dan lambat itu ditandai oleh anak umur 2 tahun saat mereka masih belajar berjalan.
3.      Jika kejiwaan terganggu, maka psikomotoriknya terganggu.



·         Kesimpulan :

Dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan perkembangan psikomotorik adalah perkembangankepribadian manusia yang berhubungan dengan gerakan jasmaniah dan fungsiotot akibat adanya dorongan dari pemikiran, perasaan dan kemauan daridalam diri seseorang.

Peningkatan potensi perkembangan psikomotorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kesuksesan pengajaran. Dengan peningkatan kemampuan motorik, anak akan mampu menerima pengajaran sesuai dengan batasan jenjang pendidikanya.

Faktor yang Mempengaruhi Fsikomotorik Anak
·                     Faktor pola asuh orang tua
·                     Gen Dari Orang Tua
·                     Pengaruh Lingkungan
·                     Interior Ruang Belajar Mempengaruhi Peningkatan Potensi Psikomotorik Anak
·                     Warna


Tahapan-tahapan pengembangan peserta didik :
·         Tahap Kognitif
·         Tahap Asosiatif
·         Tahap otonomi

Tehnik Mengembangkan Potensi Psikomotorik Pada Peserta Didik :

·         Model Permainan Atau Out Bond
·         Model Meniru
·         Model Kelompok Belajar dan Bermain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar