Senin, 10 Desember 2012

PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK


PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Jurnal
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina oleh Bpk. Nur Widodo
Oleh :
Genius Anggara Putra             201210070311138
Tiara Cahyaning Putri             201210070311164
Nindi Nazula Fajarini              201210070311170

Abstrak
Penulisan jurnal ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah perkembangan belajar peserta didik. Jurnal ini dibuat dengan cara meresume materi yang diterangkan oleh kelompok satu. Materi yang berjudul pengertian perkembangan belajar peserta didik tersebut menjelaskan tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan, fungsi dan tugas guru, tujuan mempelajari peserta didik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan belajar peserta didik, prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Dari hasil presentasi, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu. Dan perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.

 

Identitas Kelompok 1 :
1.      Fennalia Putri Sabdanawaty         (201210070311172)
2.      Fithri Wening Sasmita                  (201210070311163)
3.      Mochammad Luqman H.              (201210070311134)

Judul : Pengertian Perkembangan Belajar Peserta Didik

Ringkasan Materi :
·         Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik.
·         Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis

·         Fungsi dan Tugas Guru yang Berkaitan dengan Peserta Didik :
Fasilitator, Motivator, Informator, Pembimbing, Korektor, Inspirator, Organisator, Inisiator, Demonstrator, Pengelolaan Kelas, Mediator, Supervisor, Evaluator.


·         Tujuan mempelajari peserta didik :
1.      Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2.      Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat
3.      Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik
4.      Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat

·         Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik :
1.      Faktor Internal : Faktor fisiologis dan Faktor psikologis
2.      Faktor Eksternal : Lingkungan Sosial (masyarakat, keluarga, sekolah) dan Lingkungan Non Sosial (alamiah, instrumental)

·         Prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan peserta didik :
1.      Perkembangan melibatkan perubahan
2.      Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya
3.      Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar
4.      Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan
5.      Pola Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu
6.      Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan
7.      Setiap Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus
8.      Terhadap Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan
9.      Setiap Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko
10.  Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan

·         Tanya Jawab
Tanya :
1.      Apakah fungsi ekspektasi secara menyeluruh? (Dany I. 140)
2.      Apakah pengertian dari ekspektasi? (Baiq Eka 155)
3.      Bagaimana cara mengontrol peserta didik? Dan berikan contoh! (Waqiatus S. 161)

Jawab :
1.      Fungsi dari ekspektasi adalah untuk menghadapi kenyataan secara nyata dan mampu menerapkan
2.      Ekspektasi adalah harapan, yaitu harapan untuk memiliki kemampuan yang diharapkan secara nyata
3.      Mengontrol peserta didik dengan cara guru harus mengontrol aktivitas semua peserta didik di sekolah atau di lingkungan formal

Kesimpulan :
Ø  Pertumbuhan : Fisik
Ø  Perkembangan : Kedewasaan
Ø  Fungsi dan Tugas Guru :
Fasilitator, Motivator, Informator, Pembimbing, Korektor, Inspirator, Organisator, Inisiator, Demonstrator, Pengelolaan Kelas, Mediator, Supervisor, Evaluator.
Ø  Tujuan mempelajari peserta didik :
Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat, membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik, untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat
Ø  Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik :
·         Faktor Internal
·         Faktor Eksternal
Ø  Prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan peserta didik :
            Perkembangan melibatkan perubahan, perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya, perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar, perkembangan mengikuti pola tertentu yang dapat diramalkan, pola perkembangan memiliki karakteristik tertentu, terdapat perbedaan individu dalam perkembangan, setiap periode perkembangan memiliki karakteristik khusus, terhadap harapan sosial pada setiap periode perkembangan, setiap perkembangan mengandung bahaya potensial, kebahagian bervariasi pada berbagai periode perkembangan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar