PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Jurnal
Yang dibina oleh
Bpk. Nur Widodo
Oleh
:
Genius Anggara Putra 201210070311138
Tiara Cahyaning Putri 201210070311164
Nindi
Nazula Fajarini 201210070311170
Abstrak
Penulisan jurnal
ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah perkembangan belajar peserta
didik. Jurnal ini dibuat dengan cara meresume materi yang diterangkan oleh
kelompok satu. Materi yang berjudul pengertian perkembangan belajar peserta
didik tersebut menjelaskan tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan,
fungsi dan tugas guru, tujuan mempelajari peserta didik, faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan belajar peserta didik, prinsip-prinsip pertumbuhan
dan perkembangan peserta didik. Dari hasil presentasi, dapat disimpulkan bahwa
pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada
segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu
yang baru dari organisme atau individu. Dan perkembangan dapat diartikan
sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju
tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Identitas
Kelompok 1 :
1. Fennalia Putri Sabdanawaty (201210070311172)
2. Fithri Wening Sasmita (201210070311163)
3. Mochammad Luqman H. (201210070311134)
Judul : Pengertian Perkembangan Belajar Peserta Didik
Ringkasan Materi :
·
Pertumbuhan
adalah perubahan
alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik.
·
Perkembangan adalah perubahan-perubahan
yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang
berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun
psikis
·
Fungsi
dan Tugas Guru yang Berkaitan dengan Peserta Didik :
Fasilitator, Motivator, Informator,
Pembimbing, Korektor, Inspirator, Organisator, Inisiator, Demonstrator,
Pengelolaan Kelas, Mediator, Supervisor, Evaluator.
·
Tujuan
mempelajari peserta didik :
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata
tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik
secara tepat
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan
yang terjadi pada diri peserta didik
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga
dapat berperilaku secara tepat
·
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perkembangan peserta didik :
1. Faktor Internal : Faktor fisiologis dan
Faktor psikologis
2. Faktor Eksternal : Lingkungan Sosial
(masyarakat, keluarga, sekolah) dan Lingkungan Non Sosial (alamiah,
instrumental)
·
Prinsip-prinsip
pertumbuhan dan perkembangan peserta didik :
1. Perkembangan melibatkan perubahan
2. Perkembangan
Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya
3. Perkembangan
Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar
4. Perkembangan
Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan
5. Pola
Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu
6. Terdapat
Perbedaan Individu dalam Perkembangan
7. Setiap
Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus
8. Terhadap
Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan
9. Setiap
Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko
10. Kebahagian
bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan
·
Tanya
Jawab
Tanya :
1. Apakah fungsi ekspektasi secara
menyeluruh? (Dany I. 140)
2. Apakah pengertian dari ekspektasi? (Baiq
Eka 155)
3. Bagaimana cara mengontrol peserta didik?
Dan berikan contoh! (Waqiatus S. 161)
Jawab :
1. Fungsi dari ekspektasi adalah untuk
menghadapi kenyataan secara nyata dan mampu menerapkan
2. Ekspektasi adalah harapan, yaitu harapan
untuk memiliki kemampuan yang diharapkan secara nyata
3. Mengontrol peserta didik dengan cara
guru harus mengontrol aktivitas semua peserta didik di sekolah atau di
lingkungan formal
Kesimpulan :
Ø Pertumbuhan : Fisik
Ø Perkembangan : Kedewasaan
Ø Fungsi dan Tugas Guru :
Fasilitator, Motivator, Informator,
Pembimbing, Korektor, Inspirator, Organisator, Inisiator, Demonstrator,
Pengelolaan Kelas, Mediator, Supervisor, Evaluator.
Ø Tujuan mempelajari peserta didik :
Agar mempunyai ekspektasi yang
nyata tentang peserta didik, dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat,
membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik, untuk
memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat
Ø Faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan peserta didik :
·
Faktor
Internal
·
Faktor
Eksternal
Ø Prinsip-prinsip pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik :
Perkembangan melibatkan perubahan, perkembangan awal lebih kritis
daripada perkembangan selanjutnya, perkembangan merupakan hasil proses
kematangan dan belajar, perkembangan mengikuti pola tertentu yang dapat
diramalkan, pola perkembangan memiliki karakteristik tertentu,
terdapat perbedaan individu dalam perkembangan,
setiap periode perkembangan memiliki karakteristik khusus, terhadap harapan
sosial pada setiap periode perkembangan, setiap perkembangan mengandung bahaya
potensial, kebahagian bervariasi pada berbagai periode perkembangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar