Minggu, 09 Desember 2012

PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK


JURNAL PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Di Ajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah
Pengembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina Oleh Bapak Drs. Nurwidodo, M.Kes






 







Di Susun Oleh :
If’alul Naufal              (201210070311136 )
Fidrianti                      (201210070311154 )
Desi Wulansari            (201210070311166 )
       


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
Desember 2012




A.  Identitas Kelompok 1  :  1. Mochammad Luqman H     (201210070311163)
                                           2. Fithri Wening S                (201210070311163)
                                           3. Fennalia Putri S                ( 201210070311172)

PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
B.  Ringkasan Materi
a. Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
b. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
C. Fungsi Dan Tugas  Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
     Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut
1.      Fasilitator
Sebagai fasilitator guru hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar mengajar.
2.      Motivator
Sebagai motivator guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar
3.      Informator
Sebagai informator guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah bahan pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum.
4.      Pembimbing
Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari semua peran yang telah disebutkan di atas adalah sebagai pembimbing
5.      Korektor
Sebagai korektor guru harus bisa membedakan mana nilai yang baik dan buruk
6.      Inspirator
Sebagai inspirator guru harus dapat membedakan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik
7.      Organisator
Sebagai organisator adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan oleh guru dalam bidang ini memiliki kegiatan pengelolaan kegiataan akademik dan lain sebagainya.

8.      Inisator
Sebagai inisiator guru harus dapat menjadi pencetur ide-ide kemajuan dan pendidikan dalam pengajaran
9.      Demonstrator
10.  Dalam interaksi edukatif, tidak semua bahan pelajaran anak didik pahami
11.  Pengelolaan kelas
Guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan baik karena kelas adalah tempat terhimpun semua anak didik dan guru dalam rangka menerima bahan pelaaran dari guru.
12.  Mediator
Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya baik media non material maupun material.
13.  Supervisor
Guru hendaknya dapat membantu memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
14.  Evaluator
Guru dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur dengan memerikan penilaian yang menyentuh aspek intrinsik dan ekstrinsik.

Fungsi dan tugas guru antara lain :
a.       Mengontrol perilaku peserta didiknya ,khususnya di lingkup formal /sekolah
b.      Secara eksklusif mempunyai pemahaman tentang pengajaran kepada peserta didik
c.       Guru sendiri harus mengambil tanggung jawab lebih untuk mengendalikan praktek mengajar
d.      Memperluas pengetahuan pemahaman peserta didiknya
e.       Harus lebih menekankan inovasi dalam pelayanan pendidikan

D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1.    Faktor Internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.

a)    Faktor Fisiologis
Faktor-faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu. Faktor-faktor ini dibedakan menjadi dua macam. Pertama, keadaan tonus jasmani. Keadaan tonus jasmani pada umumnya sangat memengaruhi aktivitas belajar seseorang. Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif terha­dap kegiatan belajar individu. Sebalikrtya, kondisi fisik yang lemah atau sakit akan menghambat tercapainya hasil belajar yang maksimal.


b)   Faktor Psikologis
Dalam hal kejiwaan, kapasitas Mental, Emosi, dan Intelegensi setiap orang itu berbeda. Kemampuan berpikir mempengaruhi banyak hal, seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, dan berbahasa. Anak yang berkemampuan intelektual tinggi akan berkemampuan berbahasa secara baik. Oleh karena itu kemampuan intelektual tinggi, kemampuan berbahasa baik, dan pengendalian emosional secara seimbang sangat menentukan keberhasilan dan kecerdasan dalam perkembangan sosial  anak.


2.      Faktor Eksternal
1.      Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masya­rakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi belajar siswa.
2.      Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga.
3.      Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa.
2) Lingkungan nonsosial.
a.       Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang.
b.      Faktor instrumental, yaitu perangkat belajar yang dapat digolongkan dua macam. Pertama, hardware, seperti gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapang­an olahraga dan lain sebagainya.

E. Hasil Tanya-Jawab

Penanya  1   : Muhammad Dhany Ircham (140)
Pertanyaan   : Fungsi ekspetasi secara menyeluruh apa ?
Jawaban      : Fungsi ekspetasi kita bias menghadapi persoalan secara nyata.
                     Contohnya kita bias langsung praktek dan tidak hanya belajar teori saja.
Penanya  2  :  Baiq Eka R (155) 
Pertanyaan  : Apa pengertian ekspetasi ?
Jawaban    : Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata atau real, bukan angan-angan saja.
Penanya  3  : Waqiatus Sholiha (161)
Pertanyaan  : Bagaimana cara mengontrol peserta didik ? dan apa contohnya ?
Jawaban     : Memberi nasehat,member motivasi atau dorongan, dan lain-lain

Kesimpulan
Ø  Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
Ø  Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Ø  Peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta didik.
Ø  Tujuan mempelajari peserta didik antara lain : agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat, membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik, untuk  memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar