JURNAL PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Di Ajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah
Pengembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina Oleh Bapak Drs.
Nurwidodo, M.Kes
Di Susun Oleh :
If’alul Naufal
(201210070311136 )
Fidrianti
(201210070311154 )
Desi Wulansari
(201210070311166 )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
Desember 2012
A. Identitas Kelompok 1 : 1.
Mochammad Luqman H (201210070311163)
2. Fithri
Wening S (201210070311163)
3. Fennalia Putri S ( 201210070311172)
PENGERTIAN
PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
B. Ringkasan Materi
a. Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
b. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada
suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau
individu.
C. Fungsi Dan
Tugas Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta
Didik
Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat
disebutkan sebagai berikut
1. Fasilitator
Sebagai
fasilitator guru hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan
kemudahan kegiatan belajar mengajar.
2. Motivator
Sebagai
motivator guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif
belajar
3. Informator
Sebagai
informator guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi selain sejumlah bahan pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang
diprogramkan dalam kurikulum.
4. Pembimbing
Peran guru
yang tidak kalah pentingnya dari semua peran yang telah disebutkan di atas
adalah sebagai pembimbing
5. Korektor
Sebagai
korektor guru harus bisa membedakan mana nilai yang baik dan buruk
6. Inspirator
Sebagai
inspirator guru harus dapat membedakan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik
7. Organisator
Sebagai
organisator adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan oleh guru dalam
bidang ini memiliki kegiatan pengelolaan kegiataan akademik dan lain
sebagainya.
8. Inisator
Sebagai
inisiator guru harus dapat menjadi pencetur ide-ide kemajuan dan pendidikan
dalam pengajaran
9. Demonstrator
10. Dalam interaksi edukatif, tidak
semua bahan pelajaran anak didik pahami
11. Pengelolaan kelas
Guru
hendaknya dapat mengelola kelas dengan baik karena kelas adalah tempat
terhimpun semua anak didik dan guru dalam rangka menerima bahan pelaaran dari
guru.
12. Mediator
Guru
hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media
pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya baik media non material maupun
material.
13. Supervisor
Guru
hendaknya dapat membantu memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses
pengajaran.
14. Evaluator
Guru
dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur dengan memerikan penilaian
yang menyentuh aspek intrinsik dan ekstrinsik.
Fungsi dan
tugas guru antara lain :
a. Mengontrol perilaku peserta didiknya
,khususnya di lingkup formal /sekolah
b. Secara eksklusif mempunyai pemahaman
tentang pengajaran kepada peserta didik
c. Guru sendiri harus
mengambil tanggung jawab lebih
untuk mengendalikan praktek
mengajar
d. Memperluas
pengetahuan pemahaman peserta didiknya
e. Harus
lebih menekankan inovasi dalam pelayanan pendidikan
D. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1. Faktor
Internal
Yaitu
faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan
potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.
a)
Faktor Fisiologis
Faktor-faktor
fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu.
Faktor-faktor ini dibedakan menjadi dua macam. Pertama, keadaan tonus jasmani.
Keadaan tonus jasmani pada umumnya sangat memengaruhi aktivitas belajar
seseorang. Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif
terhadap kegiatan belajar individu. Sebalikrtya, kondisi fisik yang lemah atau
sakit akan menghambat tercapainya hasil belajar yang maksimal.
b)
Faktor Psikologis
Dalam
hal kejiwaan, kapasitas Mental, Emosi, dan Intelegensi setiap orang itu berbeda.
Kemampuan berpikir mempengaruhi banyak hal, seperti kemampuan belajar,
memecahkan masalah, dan berbahasa. Anak yang berkemampuan intelektual tinggi
akan berkemampuan berbahasa secara baik. Oleh karena itu kemampuan intelektual
tinggi, kemampuan berbahasa baik, dan pengendalian emosional secara seimbang
sangat menentukan keberhasilan dan kecerdasan dalam perkembangan sosial
anak.
2. Faktor
Eksternal
1.
Lingkungan
sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi
belajar siswa.
2. Lingkungan
sosial keluarga. Lingkungan
ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat
orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga.
3. Lingkungan
sosial sekolah, seperti
guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar
seorang siswa.
2) Lingkungan nonsosial.
a.
Lingkungan
alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak
dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap,
suasana yang sejuk dan tenang.
b. Faktor
instrumental, yaitu
perangkat belajar yang dapat digolongkan dua macam. Pertama, hardware, seperti
gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga dan
lain sebagainya.
E. Hasil
Tanya-Jawab
Penanya 1 :
Muhammad Dhany Ircham (140)
Pertanyaan : Fungsi ekspetasi secara menyeluruh apa ?
Jawaban :
Fungsi ekspetasi kita bias menghadapi persoalan secara nyata.
Contohnya kita bias langsung praktek dan tidak hanya belajar teori saja.
Penanya 2 : Baiq
Eka R (155)
Pertanyaan :
Apa pengertian ekspetasi ?
Jawaban : Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan
secara nyata atau real, bukan angan-angan saja.
Penanya 3 : Waqiatus Sholiha (161)
Pertanyaan :
Bagaimana cara mengontrol peserta didik ? dan apa contohnya ?
Jawaban :
Memberi nasehat,member motivasi atau dorongan, dan lain-lain
Kesimpulan
Ø Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada
suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau
individu.
Ø Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Ø Peran guru adalah sebagai pendidik,
pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta
didik.
Ø Tujuan mempelajari peserta didik antara lain : agar mempunyai ekspektasi yang nyata
tentang peserta didik, dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat,
membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik,
untuk memahami diri sendiri sehingga
dapat berperilaku secara tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar