Minggu, 09 Desember 2012

ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK


JURNAL PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
ASPEK PENGEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK

Di Ajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah
Pengembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina Oleh Bapak Drs. Nurwidodo, M.Kes

 







Di Susun Oleh :
If’alul Naufal              (201210070311136 )
Fidrianti                      (201210070311154 )
Desi Wulansari            (201210070311166 )
       


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
Desember 2012



A.                     Identitas Kelompok   2   :  1. Genius Anggara P         (201210070311138)
                                                            2. Tiara Cahyaning P.U    (201210070311164)
                                                            3. Nindi Nazula F.            (201210070311170)

ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK


B.                      Ringksan Materi

Pertumbuhan merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.

Proses Perkembangan
 Terdapat empat macam faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan campur tangan orang tua dan guru dalam mengarahkannya. Keempat faktor itu sebagai berikut:

C.    Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia

Dalam Kandungan
Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu, fase embrionik yang terbagi 3 tahap yaitu, morula,blastula,dan grastula.

Bayi

Jenis Kelamin
Berdasarkan jenis kelaminnya di bedakan berdasarkan laki-laki dan perempuan

Berat Lahir
Berat bayi yang baru lahir biasanya antara 2,5 hingga 3 kg (2500-3000 gram) dengan panjang 48 cm - 54 cm. Umumnya bayi akan kehilangan berat badan pada beberapa hari pertama, tapi akan segera bertambah beratnya dalam waktu 10 hari setelah lahir.

Warna Kuning
25-30 % bayi berwarna kuning pada sekitar tiga hari pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar bilirubin dalam darahnya. Bila gerakan bayi masih aktif, masih menyusu dengan kuat, ibu tidak perlu khawatir karena hal ini adalah hal yang normal.

Kulit
Warna kulit bayi yang semula berwarna abu-abu atau kebiruan pada saat baru lahir, secara perlahan akan berubah menjadi kemerahan.

Tali Pusat
Tali pusat pada bayi secara perlahan akan menyusut, kering dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya tali pusat akan lepas dalam 5-10 hari.

Kerak Kepala
Pada beberapa bayi biasanya terdapat kerak dan lapisan berminyak yang menutupi seluruh permukaan kulit kepala (cradle cap).
Rambut
Bila bayi ibu tidak memiliki rambut lebat saat lahir, jangan khawatir karena hal ini normal saja.
Daerah-Daerah lembut
Ubun-ubun bayi (fontanel) terdapat di atas dan di belakang kepala bayi, serta dilindungi oleh selaput kuat serta tebal.

  Anak-anak
Pertumbuhan fisik pada anak-aak terdiri dari tinggi dan berat badan serta proporsi dan bentuk tubuh.
      Remaja
           Pertumbuhan fisik pada remaja di pengaruhi oleh pubertas yang dialami cirri fisiknya dibedakan atas jenis kelamin.
Dewasa
Pada periode dewasa awal, penampilan, kekuatan dan kesehatan fisik mencapai puncaknya dan masih dalam periode ini terjadi penurunan.
      

D.    Hasil Tanya – Jawab
Penanya     : Dwi Ridho Cahyo P (153)
Pertanyaan : Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa dipakai lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?
Jawaban    : Iya sebab kalau tidak diklasifikasikan nanti kita (mahasiswa) disamakan dengan anak sd, fisik harus seuai dengan pelajaran yang di beri./peserta didik yang lain
Penanya     : Henik Kurniwati (141)
Pertanyaan : Mengenai aspek perkembangan fisik,fisik orang yang tidak lengkap itu tempat pembelajarannya disamakan/dibedakan?
Jawaban   : Harus di bedakan karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa jadi mengganggu temannya.
Penanya     : Nayla Berliana N (171)
Pertanyaan : Perbedaan antara remaja debgan dewasa secara teori telah di jelaskan akan tetapi apakah teori tersebut sudah pasti benar? Bagaimana cara kita membedakan antara dewasa dengan remaja itu bagaimana?
Jawaban  :  Teori belum tentu benar,karena ada juga penyimpanga fisik perbedaannya di lihat di slide.

Kesimpulan
·         Pertumbuhan merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu
·         Perkembangan fisik peserta didik dapat dilihat dari berbagai faktor yang menjadi implikasi bagi perkembangan dan pertumbuhan fisik peserta didik.Seperti, keadaan berat dan tinggi badan, masa pubertas, perubahan fisik, proporsi tubuh, kematangan seksual, perkembangan motorik.
·         Faktor-faktor tersebut merupakan pengaruh besar bagi perkembangan dan pertumbuhan fisik peserta didik seperti keadaan berat dan tinggi badan pada anak usia sekolah merupakan penanda bahwa seorang peserta didik mengalami perubahan pada keadaan badanny seperti bertambahnya kekuatan otot, dan lengan dan kaki menjadi lebih panjang.
·         Pada masa pubertas, seorang anak mengalami perubahan besar dan dramatis dalam hidupnya, baik dalam pertumbuhan/perkembangan fisik, kognitif, maupun dalam perkembangan psikososial anak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar