TUGAS
JURNAL
Aspek Perkembangan Fisik Peserta Didik
(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PBPD)
Yang dibina Oleh : Bapak Nur Widodo
Oleh :
Winda
Sulastri ( 201210070311130 )
Rizka Mahargian ( 201210070311151 )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
2012
DISKUSI KELOMPOK II
1. Identitas
Kelompok II
Anggota
: Genius Anggara Putra
(201210070311138)
Tiara Cahyaning Putri (201210070311164)
Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
2. Judul :
Aspek
Perkembangan Fisik Peserta Didik
3. Ringkasan Materi
:
A. Pengertian
Pertumbuhan
Pertumbuhan merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif
pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi
tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
B. Proses
Perkembangan
Dipengaruhi beberapa factor, yaitu:
1. Pertumbuhan
dan perkembangan sistem syaraf
2. Pertumbuhan
otot-otot
3. Perkembangan
dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin
4. Perubahan
struktur jasmani
C.
Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia
1.
Dalam Kandungan
2.
Bayi
3.
Anak-Anak
4.
Remaja
5.
Dewasa
6.
Manula
D. Pentingnya
Perkembangan Fisik dalam Proses Belajar Mengajar
E.
Biotipologi
4.
Tanya
Jawab
Ø Pertanyaan pertama oleh Nayla
Berliana Nugrahandini (171)
1.
Apa perbedaan teori dewasa dan remaja secara fisik dan
bagaimana cara membedakannya?
Secara
teori dapat dibedakan namun jika dilihat dilapangan ada beberapa perbedaan dari
teori yang ada, ini disebabkan oleh factor penyakit dan lingkungan . Karena ada
beberapa kasus bahwa ada seorang anak yang kelihatan tua (berkeriput) padahal
umurnya belasan tahun. Dari ini tentu cara membedakanya dapat dilakuan dengan
melihat kelakuan dan kekuatan mentalnya.
Ø Pertanyaan kedua oleh Henik
Kurniawati (141)
2. Apakah
ada perbedaan dalam proses belajar-mengajar terhadap peserta didik yang
memiliki fisik sempurna dan tidak?
Tentu dibedakan, cara
belajar-mengajarnya perlu ada bimbingan perhatian khusus karena mental dan
imajinasi tidak sama dengan manusia biasa, misalnya dengan didirikannya SLB
(sekolah luar biasa) bagi anak penyandang cacat.
Ø Pertanyaan ketiga oleh Dwi Ridho
Cahyo Pambudi (153)
3. Apa
pengaruh perkembangan fisik anak berpengaruh dalam tingkatan dalam pendidikan
(SD,SMP,SMA)?
Tentu
saja berpengaruh, dalam setiap tingkatan pendidikan memerlukan kekuatan mental
dan kematangan fisik yang bertahap. Seperti halnya, anak seumuran SD pasti akan
sulit untuk menerima (masuk SMP) karena lingkungan fisik dan mental mereka
berbeda.
5.
Kesimpulan
1.
Perkembangan
fisik dapat dilihat langsung pada peserta didik dengan tingkah laku dan
kebiasaan peserta didikbelum bergantung teori saja.
2.
Proses
perkembangan fisik pada anak yang cacat akan sangat berbeda dengan
proses`pembelajaran anak biasa, karena porsi belajar mereka berbeda dan
pentingnya melihat perkembangan fisik pada anak menurut jenjang pendidikannya.
3.
Dalam proses
perkembangan fisik mengalami beberapa tahap pertumbuhan , yaitu:
a.
Dalam Kandungan
b.
Bayi
c.
Anak-anak
d.Remaja
e.
Dewasa
f.
Manula
Tidak ada komentar:
Posting Komentar