Senin, 10 Desember 2012

Aspek Perkembangan Fisik Peserta Didik


TUGAS JURNAL
                      Aspek Perkembangan Fisik Peserta Didik

 (Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PBPD)
Yang dibina Oleh        : Bapak Nur Widodo






 








Oleh    :
                                     Winda Sulastri           ( 201210070311130 )
Rizka Mahargian         ( 201210070311151 )



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
2012


DISKUSI KELOMPOK II

1.      Identitas Kelompok II
Anggota : Genius Anggara Putra      (201210070311138)
                 Tiara Cahyaning Putri      (201210070311164)
                 Nindi Nazula Fajarini      (201210070311170)
2.      Judul :
Aspek Perkembangan Fisik Peserta Didik
3.      Ringkasan Materi :
A.    Pengertian Pertumbuhan
            Pertumbuhan merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
B.     Proses Perkembangan
Dipengaruhi beberapa factor, yaitu:
1. Pertumbuhan dan perkembangan sistem syaraf
2. Pertumbuhan otot-otot
3. Perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin
4. Perubahan struktur jasmani
C.     Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia
1.      Dalam Kandungan
2.      Bayi
3.      Anak-Anak
4.      Remaja
5.      Dewasa
6.      Manula
D.    Pentingnya Perkembangan Fisik dalam Proses Belajar Mengajar
E.     Biotipologi

4.      Tanya Jawab
Ø Pertanyaan pertama oleh Nayla Berliana Nugrahandini (171)
1.      Apa perbedaan teori dewasa dan remaja secara fisik dan bagaimana cara membedakannya?
           Secara teori dapat dibedakan namun jika dilihat dilapangan ada beberapa perbedaan dari teori yang ada, ini disebabkan oleh factor penyakit dan lingkungan . Karena ada beberapa kasus bahwa ada seorang anak yang kelihatan tua (berkeriput) padahal umurnya belasan tahun. Dari ini tentu cara membedakanya dapat dilakuan dengan melihat kelakuan dan kekuatan mentalnya.
Ø Pertanyaan kedua oleh Henik Kurniawati (141)
2.    Apakah ada perbedaan dalam proses belajar-mengajar terhadap peserta didik yang memiliki fisik sempurna dan tidak?
              Tentu dibedakan, cara belajar-mengajarnya perlu ada bimbingan perhatian khusus karena mental dan imajinasi tidak sama dengan manusia biasa, misalnya dengan didirikannya SLB (sekolah luar biasa) bagi anak penyandang cacat.
Ø Pertanyaan ketiga oleh Dwi Ridho Cahyo Pambudi (153)
3.    Apa pengaruh perkembangan fisik anak berpengaruh dalam tingkatan dalam pendidikan (SD,SMP,SMA)?
Tentu saja berpengaruh, dalam setiap tingkatan pendidikan memerlukan kekuatan mental dan kematangan fisik yang bertahap. Seperti halnya, anak seumuran SD pasti akan sulit untuk menerima (masuk SMP) karena lingkungan fisik dan mental mereka berbeda.
5.      Kesimpulan
1.    Perkembangan fisik dapat dilihat langsung pada peserta didik dengan tingkah laku dan kebiasaan peserta didikbelum bergantung teori saja.
2.    Proses perkembangan fisik pada anak yang cacat akan sangat berbeda dengan proses`pembelajaran anak biasa, karena porsi belajar mereka berbeda dan pentingnya melihat perkembangan fisik pada anak menurut jenjang pendidikannya.
3.    Dalam proses perkembangan fisik mengalami beberapa tahap pertumbuhan , yaitu:
a. Dalam Kandungan
b. Bayi
c. Anak-anak
d.Remaja
e. Dewasa
f.  Manula



Tidak ada komentar:

Posting Komentar