ASPEK PERKEMBANGAN
KOGNITIF PESERTA DIDIK
Jurnal
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang
dibina oleh Bpk. Nur Widodo
Oleh :
Genius
Anggara Putra 201210070311138
Tiara
Cahyaning Putri 201210070311164
·
Identitas kelompok :
1.
Atier Al Wifaq (201210070311137)
2.
Nurul Hidayati (201210070311149)
3.
Nayla B.N (201210070311171)
·
Ringkasan:
Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek
perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua
proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan
memikirkan lingkungannya.
Proses teori perkembangan kognitif :
1.
Teori Perkembangan Kognitif Piaget.
a. Tahap
Sensori-Motorik (usia 0 sampai 2 tahun)
b.
Tahap Pra-Operasional (usia 2
sampai 7 tahun)
c.
Tahap Konkret-operasional (usia 7
sampai 11 tahun)
d.
Tahap Operasional Formal (usia 11
tahun sampai dewasa)
2.
Teori Pemprosesan Informasi.
Desmita (2009:115)
Perkembangan kognitif dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan system pemprosesan
informasi sebagai alternatif terhadap teori kognitif Piaget. Pada teori Piaget
perkembangan kognitif digambarkan dengan berbagai tahap tetapi, para pakar
psikologi pemprosesan informasi lebih menekankan pentingnya proses-proses
kognitif atau menganalisis perkembangan keterampilan kognitif, seperti
perhatian, memori, metakofnisi dan strategi kognitif.
Dalam buku karangan
(Desmita, 2009) karakteristik perkembangan kognitif peserta didik dibagi dalam
dua tahap yaitu tahap usia sekolah (SD) dan Remaja (SMP dan SMA). Berdasarkan posting dari
(Wiriana, 2008), kemampuan kognitif seseorang dipengaruhi oleh dua hal yaitu,
faktor herediter atau keturunan dan faktor non herediter.
Dalam posting (Wiriana,
2008) pun dijelaskan tentang faktor yang mempengaruhi perkembangan
kognitif adalah:
1. Gaya pengasuhan.
2. Pengaruh lingkungan.
Beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada
anak (Wiriana, 2008), antara lain :
1. Asupan gizi yang memadai dan disesuaikan
dengan kebutuhan anak.
2. Melakukan beberapa
latihan fisik dan relaksasi seperti, brain gym.
3. Keluarga sebagai fondasi bagi perkembangan anak ke depan
hendaknya mampu menciptakan suasana yang harmonis,
hangat dan penuh kasih sayang.
·
Tanya-Jawab
Tanya:
1)
Fennalia P.S (172)
Termasuk
tahap apakah jika seorang mengalami ketidaksesuaian usia dengan kemampuan
kognitifnya, misalkan seorang dewasa namun kemampuan kognitifnya seperti
anak-anak ?
2)
Dhani (150)
Apa
saja proses yang terjadi pada tahap praoperasional?
3)
Dwi Ridho (153)
Bagaimana
pemecahan masalah kognitif yang berhubungan dengan akademik?
Jawab:
1)
Tergantung kemampuanya, terkadang penyimpangan tejadi
pada suatu individu. Penyimpangan tidak dapat di salahkan,maka dia tetap
termasuk tahap sesuai kemampuanya.
2)
Proses bagaimana anak mulai mengenali dan memahami
keadaan sekitarnya dengan suatu konsep yang ia buat sendiri.
3)
Kembali kepada individu masing-masing dimana mereka
berusaha menjadi yang lebih baik. Dan pendidik sebagai motivatornya.
·
Kesimpulan
1.
Perkembangan kognitif
adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan
pengetahuan
2.
Karakteristik
perkembangan kognitif peserta didik dibagi dalam dua tahap yaitu tahap usia
sekolah (SD) dan Remaja (SMP dan SMA).
3.
Faktor yang
mempengaruhi perkembangan kognitif adalah:
1.
Gaya pengasuhan.
2.
Pengaruh lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar