Senin, 10 Desember 2012

ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK


ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
Jurnal
UntukMemenuhiTugas Mata KuliahPerkembanganBelajarPesertaDidik
Yang dibina oleh Bpk. NurWidodo
Oleh :
M. Luqman Hakim (2012100710311134)
Fithri Wening Sasmita (201210070311163)
Fennalia Putri Sabdanawaty  (201210070311172)


·         Identitas kelompok :
1.      Atier Al Wifaq            (201210070311137)
2.      Nurul Hidayati            (201210070311149)
3.      Nayla B.N                   (201210070311171)
·         Ringkasan :
Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. Proses teori perkembangan kognitif :
1.      TeoriPerkembanganKognitif Piaget.
a.    Tahap Sensori-Motorik (usia 0 sampai 2 tahun)
b.    Tahap Pra-Operasional (usia 2 sampai 7 tahun)
c.    Tahap Konkret-operasional (usia 7 sampai 11 tahun)
d.   Tahap Operasional Formal (usia 11 tahunsampaidewasa)
2.      TeoriPemprosesanInformasi.
Desmita (2009:115) Perkembangan kognitif dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan system pemprosesan informasi sebagai alternatif terhadap teori kognitif Piaget. Padateori Piaget perkembangan kognitif digambarkan denganberbagai tahap tetapi para pakar psikologi pemprosesan informasi lebih menekankan pada pentingnya proses-proses kognitif atau menganalisis perkembangan keterampilan kognitif, seperti perhatian, memori, metakofnisi dan strategi kognitif.

Beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak (Wiriana, 2008), antaralain :
1.  Asupan gizi yang memadai dan disesuaikan dengan kebutuhan anak.
2.  Melakukan beberapa latihan fisik dan relaksasi seperti, brain gym.
3. Keluarga sebagai fondasi bagi perkembangan anak ke depan hendaknya mampu     menciptakan suasana yang harmonis, hangat dan penuh kasih sayang.
Karakteristik perkembangan kognitif peserta didik dibagi dalam dua tahap yaitu tahap usia sekolah (SD) dan Remaja (SMP dan SMA). Kemampuan kognitif seseorang dipengaruhi oleh dua hal yaitu, faktor herediter atau keturunan dan faktor non herediter.


·         Tanya-Jawab
Tanya:
1)      Fennalia P.S (172)
Termasuk tahap apakah jika seorang mengalami ketidaksesuaian usia dengan kemampuan kognitifnya, misalkan seorang dewasa namun kemampuan kognitifnya seperti anak-anak ?
2)      Dhani (150)
Apa saja proses yang terjadi pada tahap praoperasional?
3)      Dwi Ridho (153)
Bagaimana pemecahan masalah kognitif yang berhubungan dengan akademik?
Jawab:
1)      Tergantung kemampuanya, terkadang penyimpangan tejadi pada suatu individu. Penyimpangan tidak dapat di salahkan,maka dia tetap termasuk tahap sesuai kemampuanya.
2)      Proses bagaimana anak mulai mengenali dan memahami keadaan sekitarnya dengan suatu konsep yang ia buat sendiri.
3)      Kembali kepada individu masing-masing dimana mereka berusaha menjadi yang lebih baik. Dan pendidik sebagai motivatornya.

·         Kesimpulan
1.      Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya.
2.      Karakteristik perkembangan kognitif peserta didik dibagi dalam dua tahap yaitu tahap usia sekolah (SD) dan Remaja (SMP dan SMA).
3.      Kemampuan kognitif seseorang dipengaruhi oleh dua hal yaitu, faktor herediter atau keturunan dan faktor non herediter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar