ASPEK PERKEMBANGAN
KOGNITIF PESERTA DIDIK
Jurnal
UntukMemenuhiTugas
Mata KuliahPerkembanganBelajarPesertaDidik
Yang
dibina oleh Bpk.
NurWidodo
Oleh
:
M. Luqman Hakim (2012100710311134)
Fithri Wening Sasmita
(201210070311163)
Fennalia
Putri Sabdanawaty (201210070311172)
·
Identitas kelompok :
1.
Atier Al Wifaq (201210070311137)
2.
Nurul Hidayati (201210070311149)
3.
Nayla B.N (201210070311171)
·
Ringkasan :
Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek
perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua
proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan
memikirkan lingkungannya. Proses teori perkembangan kognitif :
1.
TeoriPerkembanganKognitif Piaget.
a. Tahap Sensori-Motorik
(usia 0 sampai 2 tahun)
b.
Tahap Pra-Operasional
(usia 2 sampai 7 tahun)
c.
Tahap Konkret-operasional
(usia 7 sampai 11 tahun)
d.
Tahap Operasional
Formal (usia 11 tahunsampaidewasa)
2.
TeoriPemprosesanInformasi.
Desmita (2009:115) Perkembangan kognitif dapat dikaji
dengan menggunakan pendekatan system pemprosesan informasi sebagai alternatif terhadap
teori kognitif Piaget. Padateori Piaget perkembangan kognitif digambarkan denganberbagai
tahap tetapi para pakar psikologi pemprosesan informasi lebih menekankan pada pentingnya
proses-proses kognitif atau menganalisis perkembangan keterampilan kognitif,
seperti perhatian, memori, metakofnisi dan strategi kognitif.
Beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak (Wiriana, 2008), antaralain :
1. Asupan gizi
yang memadai dan disesuaikan dengan kebutuhan anak.
2. Melakukan beberapa latihan fisik dan relaksasi seperti,
brain gym.
3. Keluarga sebagai fondasi bagi perkembangan anak ke depan
hendaknya mampu menciptakan suasana yang harmonis,
hangat dan penuh kasih sayang.
Karakteristik
perkembangan kognitif peserta didik dibagi dalam dua tahap yaitu tahap usia
sekolah (SD) dan Remaja (SMP dan SMA). Kemampuan kognitif seseorang dipengaruhi oleh dua hal
yaitu, faktor herediter atau keturunan dan faktor non herediter.
·
Tanya-Jawab
Tanya:
1)
Fennalia P.S (172)
Termasuk
tahap apakah jika seorang mengalami ketidaksesuaian usia dengan kemampuan
kognitifnya, misalkan seorang dewasa namun kemampuan kognitifnya seperti
anak-anak ?
2)
Dhani (150)
Apa
saja proses yang terjadi pada tahap praoperasional?
3)
Dwi Ridho (153)
Bagaimana
pemecahan masalah kognitif yang berhubungan dengan akademik?
Jawab:
1)
Tergantung kemampuanya, terkadang penyimpangan tejadi
pada suatu individu. Penyimpangan tidak dapat di salahkan,maka dia tetap
termasuk tahap sesuai kemampuanya.
2)
Proses bagaimana anak mulai mengenali dan memahami
keadaan sekitarnya dengan suatu konsep yang ia buat sendiri.
3)
Kembali kepada individu masing-masing dimana mereka
berusaha menjadi yang lebih baik. Dan pendidik sebagai motivatornya.
·
Kesimpulan
1.
Perkembangan kognitif
adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan
pengetahuan, yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana
individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya.
2.
Karakteristik
perkembangan kognitif peserta didik dibagi dalam dua tahap yaitu tahap usia
sekolah (SD) dan Remaja (SMP dan SMA).
3.
Kemampuan kognitif
seseorang dipengaruhi oleh dua hal yaitu, faktor herediter atau keturunan dan
faktor non herediter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar