TUGAS JURNAL
JURNAL PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
(Untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah PBPD)
Yang dibina Oleh : Bapak Nur Widodo
Oleh :
Winda
Sulastri ( 201210070311130 )
Rizka Mahargian ( 201210070311151 )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
2012
DISKUSI KELOMPOK I
1. Identitas
Kelompok I
Anggota
: Mochammad Luqman Hakim (201210070311134)
Fithri Wening Sasmita (201210070311163)
Fennalia Putri
Sabdanawaty (201210070311172)
2. Judul :
Pengertian
Perkembangan Belajar Peserta Didik
3. Ringkasan Materi
:
A.
Perkembangan Dan Pertumbuhan Peserta Didik
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada
suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau
individu.
Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis.Perkembangan berhubungan dengan
konsep pertumbuhan, kematangan, belajar dan latihan.
B. Fungsi Dan Tugas Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
Menurut
Undang Undang No. 20 Tahun 2003 dan Undang Undang No. 14 Tahun 2005 peran guru
adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan
pengevaluasi dari peserta didik. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah:
1.
Fasilitator 9. Demonstator
2.
Motivator 10.
Pengelolaan Kelas
3. Informator 11.
Mediator
4. Pembimbing 12. Supervisor
5. Korektor 13.
Evaluator
6. Inspirator
7. Organisator
8. Inisiator
C. Tujuan Mempelajari Peserta Didik
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang
peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri
peserta
didik.
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
D.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1.
Faktor Internal
a.
Faktor Fisiologis
b.
Faktor Psikologis
2.
Faktor Eksternal
a. Lingkungan Sosial
b. Lingkungan non social
E. Prinsip-Prinsip Pertumbuhan Dan
Perkembangan Peserta Didik
1. Perkembangan Melibatkan Perubahan.
2. Perkembangan Awal Lebih Kritis
daripada Perkembangan Selanjutnya.
3. Perkembangan Merupakan Hasil Proses
Kematangan dan Belajar.
4. Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu
yang Dapat diramalkan.
5. Pola Perkembangan Memiliki
Karakteristik Tertentu.
6. Terdapat Perbedaan Individu dalam
Perkembangan.
7. Setiap Periode Perkembangan Memiliki
Karakteristik Khusus.
8. Terhadap Harapan Sosial pada Setiap
Periode Perkembangan.
9. Setiap Perkembangan Mengandung
Bahaya Potensial atau Resiko.
10. Kebahagian bervariasi pada Berbagai
Periode Perkembangan.
4. Tanya
Jawab
Ø Pertanyaan pertama oleh Muhammad
Dany Ircham (140)
1. Apa saja fungsi ekspektasi secara
menyeluruh?
Menerangkan teori yang diberikan pendidik kepada peserta didik menjadi
nyata (real) baik dengan praktik, latihan, perilaku sehari-hari dalam
kelangsungan hidup peserta didik.
Ø Pertanyaan kedua oleh Baiq Eka Ramadhani (155)
2.
Apa pengertiab
ekspektasi secara umum?
Ekspektasi
adalah harapan yang diharapkan oleh pendidik, yang mempunyai keluarga secara
nyata bukan hanya teori namun ada praktik dan teori.
Ø Pertanyaan ketiga oleh Waqiatus
Sholehah (161)
3. Bagaimana cara mengontrol perilaku
peserta didik, berikut contuh dan
caranya?
a. Memberi motivasi
b. Pembelajaran moral
c. Guru diharuskan bisa mengontrol
siswanya di sekolah
d. Guru harus mengetahui aktivitas
murid baik disekolah maupun di luar
sekolah
5.
Kesimpulan
1. Pertumbuhan adalah perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmania atau fisik pada manusia dan individu
lain.
2. Perkembangan adalah
perubahan-perubahan fisik, phisikis, dan mental menuju kedewasaan.
3. Ekspektasi adalah harapan yang
diharapkan oleh seseorang pendidik terhadap muridnya secara nyata (real) dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Menjadi seorang
pendidik harus bisa mengontrol ,mendidik, mengevaluasi, memotivasi dan
mengetahui aktivitas murid-muridnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar