Senin, 10 Desember 2012

JURNAL PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK


TUGAS JURNAL
JURNAL PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK

(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PBPD)
Yang dibina Oleh        : Bapak Nur Widodo








Oleh    :
                                     Winda Sulastri           ( 201210070311130 )
Rizka Mahargian         ( 201210070311151 )

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
2012




DISKUSI KELOMPOK I

1.      Identitas Kelompok I
Anggota : Mochammad Luqman Hakim (201210070311134)
                 Fithri Wening Sasmita            (201210070311163)
                 Fennalia Putri Sabdanawaty   (201210070311172)
2.      Judul :
Pengertian Perkembangan Belajar Peserta Didik
3.      Ringkasan Materi :
A.  Perkembangan Dan Pertumbuhan Peserta Didik
            Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
                      Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.Perkembangan berhubungan dengan konsep pertumbuhan, kematangan, belajar dan latihan.
B.  Fungsi Dan Tugas  Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
Menurut Undang Undang No. 20 Tahun 2003 dan Undang Undang No. 14 Tahun 2005 peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta didik. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah:
1. Fasilitator                                         9.  Demonstator
2. Motivator                                         10. Pengelolaan Kelas
3. Informator                                        11. Mediator
4. Pembimbing                                     12. Supervisor
5. Korektor                                           13. Evaluator
6.    Inspirator
7.    Organisator
8.    Inisiator
C.     Tujuan Mempelajari Peserta Didik
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri
    peserta didik.
4. Untuk  memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
D.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1.   Faktor Internal
a.  Faktor Fisiologis
b. Faktor Psikologis
2.      Faktor Eksternal
a.   Lingkungan Sosial
b.   Lingkungan non social
E.   Prinsip-Prinsip Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
1.      Perkembangan Melibatkan Perubahan.
2.      Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya.
3.      Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar.
4.      Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
5.      Pola Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu.
6.      Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan.
7.      Setiap Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus.
8.      Terhadap Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan.
9.      Setiap Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial atau Resiko.
10.  Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan.
4.  Tanya Jawab
Ø Pertanyaan pertama oleh Muhammad Dany Ircham (140)
1.      Apa saja fungsi ekspektasi secara menyeluruh?
         Menerangkan teori yang diberikan pendidik kepada peserta didik menjadi nyata (real) baik dengan praktik, latihan, perilaku sehari-hari dalam kelangsungan hidup peserta didik.
Ø  Pertanyaan kedua oleh Baiq Eka Ramadhani (155)
2.    Apa pengertiab ekspektasi secara umum?
          Ekspektasi adalah harapan yang diharapkan oleh pendidik, yang mempunyai keluarga secara nyata bukan hanya teori namun ada praktik dan teori.
Ø  Pertanyaan ketiga oleh Waqiatus Sholehah (161)
3.    Bagaimana cara mengontrol perilaku peserta didik, berikut contuh dan  
               caranya?
a.    Memberi motivasi
b.   Pembelajaran moral
c.    Guru diharuskan bisa mengontrol siswanya di sekolah
d.   Guru harus mengetahui aktivitas murid baik disekolah maupun di luar 
    sekolah
5.      Kesimpulan
1.   Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmania atau fisik pada manusia dan individu lain.
2.   Perkembangan adalah perubahan-perubahan fisik, phisikis, dan mental menuju kedewasaan.
3.   Ekspektasi adalah harapan yang diharapkan oleh seseorang pendidik terhadap muridnya secara nyata (real) dalam kehidupan sehari-hari.
4.   Menjadi seorang pendidik harus bisa mengontrol ,mendidik, mengevaluasi, memotivasi dan mengetahui aktivitas murid-muridnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar