TUGAS JURNAL
PERKEMBANGAN
BELAJAR PESERTA DIDIK
(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PBPD)
Yang
dibina Oleh : Bapak Nur Widodo
Oleh :
Ulfa Maulida Farid (201210070311132 )
Waqiatus Sholiha (201210070311161)
Arga Satria (201210070311169)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
November 2012
JURNAL PRESENTASI
KELOMPOK
1
Anggota :
Fithri
Wening Sasmita (201210070311163)
Mochammad
Luqman Hakim (201210070311134)
Fennalia
Putri S (201210070311172)
PENGERTIAN
PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
1. Ringkasan Materi
Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada
suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau
individu
A. Fungsi Dan Tugas Guru
Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
Menurut
Undang Undang No. 20 Tahun 2003 dan Undang Undang No. 14 Tahun 2005 peran guru
adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan
pengevaluasi dari peserta didik.
Peranan
guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
·
Fasilitator
·
Motivator
·
Informator
·
Pembimbing
·
Korektor
·
Inspirator
·
Organisator
·
Inisator
·
Demonstrator
·
Pengelolaan kelas
·
Mediator
·
Supervisor
·
Evaluator
B. Tujuan Mempelajari Peserta Didik
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik.
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik.
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1. Faktor Internal
·
Faktor
Fisiologis
·
Faktor
Psikologis
2. Faktor
Eksternal
·
Lingkungan social
·
Lingkungan non social
D.
Prinsip-Prinsip Pertumbuhan Dan
Perkembangan Peserta Didik
PRINSIP
1 : Perkembangan Melibatkan Perubahan.
PRINSIP
2 : Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya.
PRINSIP
3 : Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar
PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
PRINSIP 5 : Pola Perkembangan
Memiliki Karakteristik Tertentu.
PRINSIP 6 :Terdapat Perbedaan
Individu dalam Perkembangan.
PRINSIP 7 : Setiap Periode
Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus
PRINSIP 8 : Terhadap Harapan Sosial
pada Setiap Periode Perkembangan.
PRINSIP
9 : Setiap Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko.
PRINSIP 10 : Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode
Perkembangan.
2.
Tanya
Jawab
Ø Pertanyaan
1 oleh Muhammad Dany Ircham (140)
-
Apa saja fungsi ekpectasi secara menyeluruh?
Di Jawab fenna (172):
menerapkan teori
yang di berikan pendidik kepada peserta didik menjadi nyata (real) baik dengan
praktek, latihan, prilaku sehari-hari dalam kelangsungan hidup peserta didik.
Ø Pertanyaan
2 oleh Baiq Eka Ramdhani (155)
-
Apa pengertian
ekpectasi secara umum
Di
Jawab fenna (172) :
Ekpectasi
adalah harapan yang diharapakan oleh pendidik yang mempunyai keluaran secara
umum bukan hanya teori namun ada praktek dan hasil.
Ø Pertanyaan
3 oleh Waqiatus Sholiha (161)
-
Bagaimana cara
mengontrol prilaku peserta didik? Berikut contoh dan cara ?
Di
Jawab oleh lukman (134) :
-
Memberikan
motivasi
-
Pembelajaran
moral
-
Guru diharuskan
bisa mengontrol siswanya di sekolah
-
Guru harus mengetahui aktivitas murid baik di sekolah
ataupun di luar sekolah
KESIMPULAN
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh
individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara
sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif
pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi
tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
Ekpectasi adalah harapan yang diharapakan oleh pendidik
yang mempunyai keluaran secara umum bukan hanya teori namun ada praktek dan
hasil.
Menjadi
seorang pendidik harus bisa mengontrol, mendidik, mengawasi, memotivasi, dan
mengetahui aktifitas murid muridnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar