Senin, 10 Desember 2012

PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK


TUGAS JURNAL
PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
 (Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PBPD)
Yang dibina Oleh        : Bapak Nur Widodo





Oleh    :
      Ulfa Maulida Farid        (201210070311132 )
      Waqiatus Sholiha           (201210070311161)
Arga Satria                  (201210070311169)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG
November 2012





JURNAL PRESENTASI
KELOMPOK 1
Anggota :
Fithri Wening Sasmita                        (201210070311163)
Mochammad Luqman Hakim             (201210070311134)
Fennalia Putri S                                   (201210070311172)
PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
1.    Ringkasan Materi
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu
A.      Fungsi Dan Tugas  Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
Menurut Undang Undang No. 20 Tahun 2003 dan Undang Undang No. 14 Tahun 2005 peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta didik.
Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
·         Fasilitator
·         Motivator
·         Informator
·         Pembimbing
·         Korektor
·         Inspirator
·         Organisator
·         Inisator
·         Demonstrator
·         Pengelolaan kelas
·         Mediator
·         Supervisor
·         Evaluator
B.       Tujuan Mempelajari Peserta Didik
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik.
4. Untuk  memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
C.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1.    Faktor Internal
·         Faktor Fisiologis
·         Faktor Psikologis
2.      Faktor Eksternal
·         Lingkungan social
·         Lingkungan non social
D.      Prinsip-Prinsip Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
PRINSIP 1 : Perkembangan Melibatkan Perubahan.
PRINSIP 2 : Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya.
PRINSIP 3 : Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar
PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
PRINSIP 5 : Pola Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu.
PRINSIP 6 :Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan.
PRINSIP 7 : Setiap Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus
PRINSIP 8 : Terhadap Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan.
PRINSIP 9 : Setiap Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko.
PRINSIP 10 : Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan.



2.        Tanya Jawab
Ø  Pertanyaan 1 oleh Muhammad Dany Ircham (140)
-          Apa saja fungsi ekpectasi secara menyeluruh?
Di Jawab fenna (172):
 menerapkan teori yang di berikan pendidik kepada peserta didik menjadi nyata (real) baik dengan praktek, latihan, prilaku sehari-hari dalam kelangsungan hidup peserta didik.
Ø  Pertanyaan 2 oleh Baiq Eka Ramdhani (155)
-          Apa pengertian ekpectasi secara umum
Di Jawab fenna (172) :
Ekpectasi adalah harapan yang diharapakan oleh pendidik yang mempunyai keluaran secara umum bukan hanya teori namun ada praktek dan hasil.
Ø  Pertanyaan 3 oleh Waqiatus Sholiha (161)
-          Bagaimana cara mengontrol prilaku peserta didik? Berikut contoh dan cara ?
Di Jawab oleh lukman (134) :
-          Memberikan motivasi
-          Pembelajaran moral
-          Guru diharuskan bisa mengontrol siswanya di sekolah
-          Guru harus mengetahui aktivitas murid baik di sekolah ataupun di luar sekolah




KESIMPULAN
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
Ekpectasi adalah harapan yang diharapakan oleh pendidik yang mempunyai keluaran secara umum bukan hanya teori namun ada praktek dan hasil.
Menjadi seorang pendidik harus bisa mengontrol, mendidik, mengawasi, memotivasi, dan mengetahui aktifitas murid muridnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar