Senin, 10 Desember 2012

ASPEK PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK


ASPEK PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK
Jurnal
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina oleh Bpk. Nur Widodo
Oleh :
M. Luqman Hakim (2012100710311134)
Fithri Wening Sasmita (201210070311163)
Fennalia Putri Sabdanawaty  (201210070311172)


·         Identitas Kelompok :
1.      If’alulNaufal               (201210070311136 )
2.      Fidrianti                      (201210070311154 )
3.      Desi Wulansari           (201210070311166 )

·         Judul : Aspek Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik

·         Ringkasan Materi :

Psikomotorik adalah berhubungan atau mengarah kepada akibat-akibat motor dari proses mental (kerja otak). Motor adalah gerak dari dorongan dalam (internal) yang diarahkan kepada beberapa maksud lahiriah (external) dengan ujud ketrampilan rendah Perkembangan keterampilan motorik (motor skill) ini merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mampu melakukan suatu rangkaian gerakan jasmaniah dalam urutan tertentu, dengan mengadakan koordinasi antara gerak berbagai anggota badan secara terpadu
Ciri khas dari keterampilan motorik adalah otomatisme, yaiturangkaian gerak-gerik yang berlangsung secara teratur dan berjalan lancar tanpa dibutuhkan banyak refleksi atau berfikir terhadap apa yang harusdilakukan dan mengapa harus mengikuti suatu gerakan. Perkembangan psikomotorik adalah perkembangan kepribadian manusia yang berhubungan dengan gerakan jasmaniah dan fungsi otot akibat adanya dorongan dari pemikiran, perasaan dan kemauan dari dalam diri seseorang. Dengan peningkatan kemampuan motorik, seseorang akan mampu menerima pengajaran sesuai dengan batasan jenjang pendidikanya.

Faktor yang Mempengaruhi Fsikomotorik Anak
a.                   Faktor pola asuh orang tua
b.                  Gen Dari Orang Tua
c.                   Pengaruh Lingkungan
d.                  Interior Ruang Belajar Mempengaruhi Peningkatan Potensi Psikomotorik Anak

Tahapan-tahapan pengembangan peserta didik :
a.       Tahap Kognitif
Tahap ini ditandai dengan adanya gerakan gerakan yang kaku dan lambat.
b.      Tahap Asosiatif
Pada tahap ini seorang anak ataupun siswa membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk memikirkan tentang gerakanya, dia mulai dapat mengasosiasikan gerakan yang sedang dipelajarinya dengan gerakan yang sudah dikenal.
c.       Tahap otonomi
Pada tahap ini seorang siswa telah mencapai tingkat otonomi yang tinggi, proses belajarnya sudah hampir lengkap meskipun dia masih dapat memperbaiki gerakan garakan yang dipelajarinya.

Teknik mengembangkan potensi psikomotorik pada peserta didik,diantaranya:
1.      Model Permainan Atau Out Bond
2.      Model Meniru
3.      Model Kelompok Belajar dan Bermain

·         Tanya Jawab :

a.       Tanya
1.      Dwi (139), Bagaiman cara menyeimbangkan orang yang aktif psikomotorik dan akademik?
2.      Nayla (171), Apa yang dimaksud dengan gerakan yang kaku dan lambat pada tahap kognitif?
3.      Fennalia (172), Bagaimana hubungan antara psikomotorik dengan psikologis?

b.      Jawab
1.      Tidak perlu diseimbangkan, karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda yang dapat dipengaruhi oleh faktor.
2.      Maksudnya ialah gerakan pada tahap awal atau mula yang masih belum maksimal sehingga terjadi gerakan yang kaku dan cenderung lambat. Hal demikian didominasi oleh balita berusia 2 tahun kebawah,yang masih belum memahami lingkunganya.
3.      Gangguan kejiwaan dapat menghambat perkembangan psikomotorik.

·         Kesimpulan :
Perkembangan psikomotorik adalah perkembangan kepribadian manusia yang berhubungan dengan gerakan jasmaniah dan fungsi otot akibat adanya dorongan dari pemikiran, perasaan dan kemauan dari dalam diri seseorang. Perkembangan psikomotorik setiap individu berbeda tergantung dari kemampuanya dalam menghadapi segala gangguan yang menghambat aktifitas motoriknya. Psikomotorik berkembang secara bertahap,mulai dari awal individu dilahirkan sampai meninggal dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar