JURNAL
“ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA
DIDIK”
Untuk Memenuhi Tugas Perkenaan
Belajar
Yang Dibina Oleh : Bpk. Nur Widodo
Disusun Oleh Kelompok 13 :
Yeni Widayati (201210070311142)
Suci Rahmadiningtyas (201210070311168)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2012
Kelompok
yang Presentasi : Kelompok II
Nama Anggota Kelompok II :
Nama Anggota Kelompok II :
1. Genius Anggara
P (201210070311143)
2. Tiara Cahyaning
P.U (201210070311164)
3. Nindi Nazula
F. (201210070311170)
ASPEK
PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK
Ringksan
Materi
A.
Pengertian
Perkembangan Fisik
Perkembangan
fisik atau pertumbuhan biologis (biological growth) merupakan salah satu aspek
penting dari perkembanagan individu. Perkembangan fisik meliputi
perubahan-perubahan dalam tubuh (pertumbuhan otak, system syaraf dan
lain-lain), dan perubahan dalam cara-cara individu dalam menggunakan tubuhnya
(perkembangan keterampilan motorik), serta perubahan dalam kemampuan fisik
(penurunan fungsi jantung, penglihatan dan sebagainya).
B. Ciri-ciri
Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia
1. Dalam Kandungan
Tahap awal perkembangan
manusia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum
yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel
individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan
diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi
embrio. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap
yaitu, fase embrionik yang terbagi 3 tahap yaitu, morula,blastula,dan grastula.
2. Bayi
·
Jenis Kelamin
Berdasarkan jenis kelaminnya di bedakan
berdasarkan laki-laki dan perempuan
·
Berat Lahir
Berat bayi yang baru lahir biasanya antara
2,5 hingga 3 kg (2500-3000 gram) dengan panjang 48 cm - 54 cm. Umumnya bayi
akan kehilangan berat badan pada beberapa hari pertama, tapi akan segera
bertambah beratnya dalam waktu 10 hari setelah lahir.
·
Warna Kuning
25-30 % bayi berwarna kuning
pada sekitar tiga hari pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar bilirubin
dalam darahnya. Bila gerakan bayi masih aktif, masih menyusu dengan kuat, ibu
tidak perlu khawatir karena hal ini adalah hal yang normal.
·
Kulit
Warna
kulit bayi yang semula berwarna abu-abu atau kebiruan pada saat baru lahir,
secara perlahan akan berubah menjadi kemerahan.
·
Tali Pusat
Tali pusat pada bayi secara perlahan akan
menyusut, kering dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya tali pusat akan
lepas dalam 5-10 hari.
·
Kerak Kepala
Pada beberapa bayi biasanya terdapat kerak
dan lapisan berminyak yang menutupi seluruh permukaan kulit kepala (cradle
cap).
·
Rambut
Bila bayi ibu tidak
memiliki rambut lebat saat lahir, jangan khawatir karena hal ini normal saja.
·
Daerah-Daerah lembut
Ubun-ubun bayi (fontanel) terdapat di atas
dan di belakang kepala bayi, serta dilindungi oleh selaput kuat serta tebal.
3. Anak-anak
Pertumbuhan fisik pada
anak-aak terdiri dari tinggi dan berat badan serta proporsi dan bentuk tubuh.
4. Remaja
Pertumbuhan
fisik pada remaja di pengaruhi oleh pubertas yang dialami cirri fisiknya
dibedakan atas jenis kelamin.
5. Dewasa
Pada periode dewasa awal,
penampilan, kekuatan dan kesehatan fisik mencapai puncaknya dan masih dalam periode
ini terjadi penurunan.
Adapun tanya jawab dari hasil diskusi
tentang aspek perkembangan peserta didik, yaitu sebagai berikiut :
1.
Penanya :
Dwi Ridho Cahyo P (153)
Ø Pertanyaan
: Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik apa
berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa dipakai lalu apa alasan
mengapa aspek fisik jadi patokan?
Ø Jawaban :
Iya sebab kalau tidak diklasifikasikan nanti kita (mahasiswa) disamakan dengan
anak sd, fisik harus seuai dengan pelajaran yang di beri./peserta didik yang
lain.
2.
Penanya :
Henik Kurniwati (141)
Ø
Pertanyaan : Mengenai
aspek perkembangan fisik, fisik
orang yang tidak lengkap itu tempat pembelajarannya disamakan/dibedakan?
Ø
Jawaban :
Harus di bedakan karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa jadi mengganggu
temannya.
3.
Penanya :
Nayla Berliana N (171)
Ø
Pertanyaan : Perbedaan
antara remaja dengan dewasa secara teori
telah di jelaskan akan tetapi apakah teori tersebut sudah pasti benar?
Bagaimana cara kita membedakan antara dewasa dengan remaja itu bagaimana?
Ø
Jawaban : Teori
belum tentu benar,karena ada juga penyimpanga fisik perbedaannya di lihat di
slide.
Kesimpulan
1.
Pertumbuhan merupakan
perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau
menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak)
dari organisme atau individu
2.
Perkembangan fisik
peserta didik dapat dilihat dari berbagai faktor yang menjadi implikasi bagi
perkembangan dan pertumbuhan fisik peserta didik.Seperti, keadaan berat dan
tinggi badan, masa pubertas, perubahan fisik, proporsi tubuh, kematangan
seksual, perkembangan motorik.
3.
Faktor-faktor tersebut
merupakan pengaruh besar bagi perkembangan dan pertumbuhan fisik peserta didik
seperti keadaan berat dan tinggi badan pada anak usia sekolah merupakan penanda
bahwa seorang peserta didik mengalami perubahan pada keadaan badanny seperti
bertambahnya kekuatan otot, dan lengan dan kaki menjadi lebih panjang.
4.
Pada
masa pubertas, seorang anak mengalami perubahan besar dan dramatis dalam
hidupnya, baik dalam pertumbuhan/perkembangan fisik, kognitif, maupun dalam
perkembangan psikososial anak.
5.
Perbedaan antara remaja
dengan dewasa secara teori terletak pada pandangan serta sikap dari seorang
peserta didik tersebut.
6.
Untuk seseorang yang
memiliki isik yang kurang bagus atau tidak normal, biasanya terdapat sekolah
khusus untuk dia mengenyam pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar