Senin, 10 Desember 2012

PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK


JURNAL
PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Untuk Memenuhi Tugas Perkenaan Belajar

Yang Dibina Oleh : Bpk. Nur Widodo
















Disusun Oleh Kelompok 13 :


Yeni Widayati                         (201210070311142)
Suci Rahmadiningtyas           (201210070311168)





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2012


Kelompok yang Presentasi : Kelompok I
Nama Anggota Kelompok I :
1.    Fithri Wening Sasmita                 (201210070311163)
2.    Mochammad Luqman Haki         (201210070311134)
3.    Fennalia Putri S                            (201210070311172)

Moderator : Nindi Nazula Fajarini      (201210070311170)


PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK

 Ringkasan Materi

A.      Pengertian Perkembangan Belajar
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari pematangan. Di sini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem yang berkembang sedemikian rupa per- kembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.


B.       Aspek-aspek
Aspek– aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral dan agama. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. Intelektual (kecerdasan) atau daya pikir merupakan kemampuan untuk beradaptasi secara berhasil dengan situas baru atau lingkungan pada umumnya. Sosial, setiap individu selalu berinteraksi dengan lingkungan dan selalu memerlukan manusia lainnya. Emosi merupakan perasaan tertentu yang menyertai setiap keadaan atau perilaku individu. Bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan yang lain. Moralitas merupakan kemauan untuk menerima dan melakukan peraturan, nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral. Agama merupakan kepercayaan yang dianut oleh individu.


C.      Perkembangan Sebagai Proses Holistik Seluruh Aspek Perkembangan.
Perkembangan merupakan suatu proses yang melibatkan keseluruhan aspek yang saling keterkaitan satu dengan yang lain. Proses perkembangan individu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu proses biologis, kognitif dan psikososial.
1. Proses biologis, mencakup perubahan - perubahan fisik individu yang bersifat alami, bukan karena kecelakaan, sakit atau peristiwa - peristiwa lainnya. Misal, pertumbuhan otak, sistem syaraf, hormone, keterampilan motorik, perkembangan seksual, perubahan penglihatan dan lain sebagainya.
2. Proses kognitif, melibatkan perubahan - perubahan kemampuan berfikir, berbahasa dan cara memperoleh pengetahuan dari lingkungan. Perkembangan kognitif dan pengalaman belajar sangat berkaitan dan saling mempengaruhi. Perkembangan kognitif anak akan menfasilitasi dan membatasi kemampuan belajar anak, begitu juga sebaliknya.

Namun, dengan keterkaitan tersebut, ada perbedaan diantara keduanya. Perkembangan kognitif mengacu pada perubahan - perubahan kemampuan berfikir, dan berbahasa serta terjadi dalam waktu yang relatif lama.
3. Proses psikososial, melibatkan perubahan - perubahan dalam aspek perasaan, emosi dan kepribadian individu, perkembangan identitas diri, pola hubungan bersosialisasi dalam sehari-hari.
             Proses pertumbuhan biologis, kognitif dan psikososial saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, anak yang mengalami gangguan pada otaknya, akan mengalami keterlambatan dalam berfikir, yang kemudian bisa mempengaruhi perkembangan psikososialnya.


Adapun tanya jawab dari hasil diskusi tentang aspek perkembangan peserta didik, yaitu sebagai berikiut :
1.        Muhammad Dhany Ircham (140)
·           Pertanyaan :  Fungsi ekspetasi secara menyeluruh apa ?
·           Jawaban      : Fungsi ekspetasi kita bisa menghadapi persoalan secara nyata.
                               Contohnya kita bias langsung praktek dan tidak hanya belajar teori saja.
2.        Baiq Eka R (155) 
·           Pertanyaan  : Apa pengertian ekspetasi ?
·           Jawaban     : Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata atau real, bukan angan-angan saja.

3.        Waqiatus Sholiha (161)
·           Pertanyaan  : Bagaimana cara mengontrol peserta didik ? dan apa contohnya ?
·           Jawaban     : Memberi nasehat,member motivasi atau dorongan, dan lain-lain



KESIMPULAN

1.        Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari pematangan.
2.        Aspek– aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral dan agama.
3.        Proses perkembangan individu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu proses biologis, kognitif dan psikososial.
4.        Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata atau real, bukan angan-angan saja.
5.        Cara mengontol peserta didik yaitu dengan memberi nasehat-nasehat dan memberi motivasi atau dorongan kepada peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar