PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR
Untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang Dibina oleh Bapak
Drs.Nur widodo, M,kes
Nama Kelompok :
Melia Mega Sari (201210070311147)
Diah Ayu Wulandari (201210070311158)
Aris Widodo (201210070311165)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER 2012
1.
IDENTITAS
Kelompok 1 : Mochammad Luqman H (163)
Fithri
Wening S (163)
Fennalia
Putri S (172)
2.
JUDUL
“ PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR”
3.
RINGKASAN
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
Fungsi Dan Tugas Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
Fungsi Dan Tugas Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
1.
Fasilitator : Sebagai fasilitator guru hendaknya dapat
menyediakan
fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar
mengajar.
fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar
mengajar.
2.
Motivator : Sebagai motivator guru hendaknya dapat mendorong
atau
menyemangati anak didik agar bergairah dan aktif belajar
menyemangati anak didik agar bergairah dan aktif belajar
3.
Informator : Sebagai informator guru harus dapat memberikan
informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi selain sejumlah bahan pelajaran untuk setiap
mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum.
informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi selain sejumlah bahan pelajaran untuk setiap
mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum.
4.
Pembimbing : Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari
semua
peran yang telah disebutkan di atas adalah sebagai
pembimbing
peran yang telah disebutkan di atas adalah sebagai
pembimbing
5.
Korektor : Sebagai korektor guru harus bisa membedakan mana
nilai
yang baik dan buruk.
yang baik dan buruk.
6.
Inspirator : Sebagai inspirator guru harus dapat membedakan
ilham
yang baik bagi kemajuan anak didik
yang baik bagi kemajuan anak didik
7.
Organisator : organisator adalah sisi lain dari peranan yang
diperlukan
oleh guru dalam ini memiliki kegiatan pengelolaan
kegiataan akademik dan lain sebagainya.
oleh guru dalam ini memiliki kegiatan pengelolaan
kegiataan akademik dan lain sebagainya.
8.
Inisator : Sebagai inisiator guru harus dapat menjadi
pencetur ide-ide
9.
kemajuan dan pendidikan dalam pengajaran
10. Demonstrator
11. Dalam interaksi edukatif, tidak
semua bahan pelajaran anak didik
pahami
pahami
12. Pengelolaan kelas : Guru hendaknya
dapat mengelola kelas dengan
baik karena kelas adalah tempat terhimpun semua
anak didik dan guru dalam rangka menerima
bahan pelaaran dari guru.
baik karena kelas adalah tempat terhimpun semua
anak didik dan guru dalam rangka menerima
bahan pelaaran dari guru.
13. Mediator : Guru hendaknya memiliki
pengetahuan dan pemahaman
yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai
bentuk dan jenisnya baik media non material maupun
material.
yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai
bentuk dan jenisnya baik media non material maupun
material.
14. Supervisor : Guru hendaknya dapat
membantu memperbaiki dan
menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
15. Evaluator : Guru dituntut untuk
menjadi evaluator yang baik dan jujur
dengan memerikan penilaian yang menyentuh aspek
intrinsik dan ekstrinsik.
dengan memerikan penilaian yang menyentuh aspek
intrinsik dan ekstrinsik.
Fungsi dan tugas guru antara lain :
a.
Mengontrol perilaku peserta didiknya ,khususnya di lingkup
formal
b.
Memperluas pengetahuan pemahaman peserta didik
c.
Harus lebih menekankan inovasi dalam pelayanan pendidikan
d.
Secara eksklusif mempunyai pemahaman tentang pengajaran
kepada
peserta didik
peserta didik
e.
Harus mengambil tanggung jawab lebih untuk mengendalikan
praktek
mengajar
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik :
mengajar
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik :
1. Faktor Internal : Yaitu faktor yang ada dalam diri
siswa itu sendiri
yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis
tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.
yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis
tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.
a. Faktor Fisiologis : faktor-faktor
yang berhubungan dengan kondisi fisik
individu.
individu.
b.
Faktor Psikologis : Dalam hal kejiwaan, kapasitas Mental,
Emosi, dan
Intelegensi setiap orang itu berbeda.
Intelegensi setiap orang itu berbeda.
2.
Faktor Eksternal
a. Lingkungan Sosial :
» Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat
tempat tinggal siswa akan memengaruhi belajar siswa.
» Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi
kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga
(letak rumah), pengelolaan keluarga.
» Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan
teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa.
b. Lingkungan
nonsosial.
» Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak
dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap,
suasana yang sejuk dan tenang.
» Faktor instrumental, yaitu perangkat belajar
Prinsip-prinsip pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik :
1. Perkembangan melibatkan perubahan
2. Perkembangan awal lebih kritis
daripada perkembangan selanjutnya
3. Perkembangan merupakan hasil proses
kematangan dan belajar
4. Perkembangan mengikuti pola tertentu
yang dapat diramalkan
5. Pola perkembangan memiliki
karakteristik tertentu
6. Terdapat perbedaan individu dalam
perkembangan
7. Setiap periode perkembangan memiliki
karakteristik khusus
8. Terhadap harapan sosial pada setiap
periode perkembangan
9. Setiap perkembangan mengandung
bahaya potensial/resiko
10. Kebahagiaan bervariasi pada berbagai
periode perkembangan
4.
TANYA JAWAB
1.
Muhammad Dhany Ircham
(140)
Apa
fungsi ekspetasi secara menyeluruh ?
Jawab : Fungsi ekspetasi kita bisa menghadapi
persoalan secara
nyata. Contohnya kita bias langsung praktek dan tidak
hanya belajar teori saja.
nyata. Contohnya kita bias langsung praktek dan tidak
hanya belajar teori saja.
2.
Baiq Eka R (155)
Apa pengertian ekspetasi ?
Jawab : Ekspetasi artinya
kemampuan yang diharapkan secara nyata
atau real, bukan angan-angan saja.
atau real, bukan angan-angan saja.
3.
Waqiatus Sholiha
(161)
Bagaimana
cara mengontrol peserta didik ? dan apa contohnya ?
Jawab : Memberi nasehat,member
motivasi atau dorongan, dan lain-
lain.
lain.
5.
KESIMPULAN
1.
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada
suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau
individu.
2.
Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
3.
Peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing,
pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta didik.
4.
Tujuan mempelajari peserta didik
antara lain : agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, dapat
merespon perilaku peserta didik secara tepat, membantu mengenali adanya
penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik, untuk memahami diri sendiri sehingga dapat
berperilaku secara tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar