Minggu, 09 Desember 2012

PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR


PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR


Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang Dibina oleh Bapak Drs.Nur widodo, M,kes

 





Nama Kelompok :
Melia Mega Sari (201210070311147)
Diah Ayu Wulandari (201210070311158)
Aris Widodo (201210070311165)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER 2012


1.     IDENTITAS
Kelompok 1 : Mochammad Luqman H (163)
                          Fithri Wening S            (163)
                          Fennalia Putri S            (172)
2.     JUDUL
“ PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR”

3.       RINGKASAN
      Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
      Fungsi Dan Tugas  Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
1.         Fasilitator : Sebagai fasilitator guru hendaknya dapat menyediakan
                          fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar
                          mengajar.
2.         Motivator : Sebagai motivator guru hendaknya dapat mendorong atau
                        menyemangati anak didik agar bergairah dan aktif belajar
3.         Informator : Sebagai informator guru harus dapat memberikan
                             informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan
                             teknologi selain sejumlah bahan pelajaran untuk setiap
                             mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum.
4.         Pembimbing : Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari semua
                              peran yang telah disebutkan di atas adalah sebagai
                              pembimbing
5.         Korektor : Sebagai korektor guru harus bisa membedakan mana nilai
                        yang baik dan buruk.
6.         Inspirator : Sebagai inspirator guru harus dapat membedakan ilham
                         yang baik bagi kemajuan anak didik
7.         Organisator : organisator adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan
                           oleh guru dalam ini memiliki kegiatan pengelolaan
                           kegiataan akademik dan lain sebagainya.
8.         Inisator : Sebagai inisiator guru harus dapat menjadi pencetur ide-ide
9.         kemajuan dan pendidikan dalam pengajaran
10.     Demonstrator
11.     Dalam interaksi edukatif, tidak semua bahan pelajaran anak didik
       pahami
12.     Pengelolaan kelas : Guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan
                                      baik karena kelas adalah tempat terhimpun semua
                                        anak didik dan guru dalam rangka menerima
                                      bahan pelaaran dari guru.
13.     Mediator : Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman
                         yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai
                         bentuk dan jenisnya baik media non material maupun
                         material.
14.     Supervisor : Guru hendaknya dapat membantu memperbaiki dan
                             menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
15.     Evaluator : Guru dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur
                        dengan memerikan penilaian yang menyentuh aspek
                        intrinsik dan ekstrinsik.
Fungsi dan tugas guru antara lain :
a.          Mengontrol perilaku peserta didiknya ,khususnya di lingkup formal
b.         Memperluas pengetahuan pemahaman peserta didik
c.          Harus lebih menekankan inovasi dalam pelayanan pendidikan
d.         Secara eksklusif mempunyai pemahaman tentang pengajaran kepada
       peserta didik
e.          Harus mengambil tanggung jawab lebih untuk mengendalikan praktek
       mengajar
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik :
1.    Faktor Internal : Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri
                                
 yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis
                                
 tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.
a.       Faktor Fisiologis : faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik
                           individu.
b.      Faktor Psikologis : Dalam hal kejiwaan, kapasitas Mental, Emosi, dan
                             Intelegensi setiap orang itu berbeda.
2.   Faktor Eksternal
a.  Lingkungan Sosial :
» Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masya­rakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi belajar siswa.
» Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga.
» Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa.
b.      Lingkungan nonsosial.
» Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang.
» Faktor instrumental, yaitu perangkat belajar
Prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan peserta didik :
1.      Perkembangan melibatkan perubahan
2.      Perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya
3.      Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar
4.      Perkembangan mengikuti pola tertentu yang dapat diramalkan
5.      Pola perkembangan memiliki karakteristik tertentu
6.      Terdapat perbedaan individu dalam perkembangan
7.      Setiap periode perkembangan memiliki karakteristik khusus
8.      Terhadap harapan sosial pada setiap periode perkembangan
9.      Setiap perkembangan mengandung bahaya potensial/resiko
10.  Kebahagiaan bervariasi pada berbagai periode perkembangan

4.      TANYA JAWAB
1.          Muhammad Dhany Ircham (140)
              Apa fungsi ekspetasi secara menyeluruh ?
              Jawab      : Fungsi ekspetasi kita bisa menghadapi persoalan secara
                                      nyata. Contohnya kita bias langsung praktek dan tidak
                                      hanya belajar teori saja.
2.            Baiq Eka R (155) 
              Apa pengertian ekspetasi ?
              Jawab : Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata
                           atau real,  bukan angan-angan saja.
3.             Waqiatus Sholiha (161)
               Bagaimana cara mengontrol peserta didik ? dan apa contohnya ?
               Jawab  : Memberi nasehat,member motivasi atau dorongan, dan lain-
                                lain.

5.     KESIMPULAN
1.         Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
2.         Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
3.         Peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta didik.
4.         Tujuan mempelajari peserta didik antara lain : agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat, membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik, untuk  memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar