Minggu, 09 Desember 2012

ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK


ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK

Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang dibina oleh Bapak Drs.Nur widodo, M.kes








Nama Kelompok :
Melia Mega Sari (201210070311147)
Diah Ayu Wulandari (201210070311158)
Aris Widodo (201210070311165)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER 2012



1.      IDENTITAS                                                                               
 Kelompok 2 :
Genius Anggara Putra (139)                                
   
                    Tiara Cahyaning P.U   (164)                                
   
                    Nindi Nazula Fajarini  (170)
 Keterangan
  : Genius Anggara Putra (139) : tidak hadir

2.      JUDUL
“ ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK”

3.      RINGKASAN
      Pertumbuhan merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu.
     Proses Perkembangan. Terdapat empat macam faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan campur tangan orang tua dan guru dalam mengarahkannya. Keempat faktor itu diantaranya adalah pertumbuhan dan perkembangan system saraf,pertumbuhan otot-otot,perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan struktur jasmani
Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia :
a. Dalam Kandungan : Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan
                                    
 peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan
                                    
 sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi.
b. Bayi
» Jenis Kelamin : Berdasarkan jenis kelaminnya di bedakan
                                       berdasarkan laki-laki dan perempuan.
» Berat Lahir : Berat bayi yang baru lahir biasanya antara 2,5 hingga 3
                        
 kg (2500-3000 gram) dengan panjang 48 cm - 54 cm.
» Warna Kuning : 25-30 % bayi berwarna kuning pada sekitar tiga hari
                             
 pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar
                               
bilirubin dalam darahnya.
» Kulit : Warna kulit bayi yang semula berwarna abu-abu atau kebiruan
              
 pada saat baru lahir, secara perlahan akan berubah menjadi
              
 kemerahan.

» Tali Pusat : Tali pusat pada bayi secara perlahan akan menyusut,
                         
kering dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya tali
                        
 pusat akan lepas dalam 5-10 hari.
» Kerak Kepala : Pada beberapa bayi biasanya terdapat kerak dan
                                      
lapisan
                                    
 berminyak yang menutupi seluruh permukaan
                                    
 kulit kepala
                                     
(cradle cap).
» Rambut : Bila bayi ibu tidak memiliki rambut lebat saat lahir, jangan
                   
 khawatir karena hal ini normal saja.
» Daerah-Daerah lembut : Ubun-ubun bayi (fontanel) terdapat di atas
                                           
dan di belakang kepala bayi, serta
                                          
 dilindungi oleh selaput kuat serta tebal.
c. Anak-anak : Pertumbuhan fisik pada anak-aak terdiri dari tinggi dan berat
                         badan serta proporsi dan bentuk tubuh.
d.  Remaja : Pertumbuhan fisik pada remaja di pengaruhi oleh pubertas yang
                    dialami cirri fisiknya dibedakan atas jenis kelamin.
e. Dewasa : Pada saat ini pertumbuhan individu berada pada
                   puncaknya,berupa pematangan dari saat remaja
f. Manula : Pada saat ini muncul kemunduran-kemunduran fisik yang
                  dialami      
     Pentingnya Perkembangan Fisik dalam Proses Belajar Mengajar. Hal ini sangat penting dan berpengaruh karena pada proses belajar mengajar diperlukan keadaan fisik yang lengkap. Biotipologi Menurut Sheldon,proporsi ukuran tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utama yaitu,endomorph,mesomorph,dan eetomorph.
4. TANYA JAWAB
1. Dwi Ridho Cahyo P (153)
    Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik
 
   Apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa
    Digunakan? Lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?

    Jawab : Iya,karena kalau tidak diklasifikasikan, masak kita (mahasiswa)
       
         disamakan dengan anak SD. Fisik harus sesuai dengan pelajaran
                 yang diberi.
2. Henik Kurniawati (141)
    Mengenai aspek perkembangan fisik, fisik orang yang tidak lengkap
 
   itu tempat pembelajarannya disamakan atau dibedakan?
    Jawab
: Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa  
                 jadi
mengganggu temannya atau peserta didik yang lain
    Ditanggapi oleh : Rizka Mahargian
    Kan SLB itu mahal,bagaimana dengan yang berasal dari keluarga yang
 
   Tidak mampu?
     Jawab
: Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ketempat belajar gratis
       
           untuk tuna grahita
3. Nayla Berliana (170)
    Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah dijelaskan,
akan tetapi ,apakah teori tersebut sudah pasti benar? Terus cara kita
membedakan antara yang dewasa dengan yangremaja itu bagaimana?
Jawa
b : Teori belum tentu benar, karena ada juga penyimpangan fisik
       
      Perbedaannya dilihat di slide.
5. KESIMPULAN
 1.Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif
 2.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan
 
    system saraf.
Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin   
    dan perubahan jasmani.

 3.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih
dalam
     kandungan,
bayi, Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
 4. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
 5.
Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja
   
 dan dewasa. Belum tentu sesuai dengan kenyataan
6. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya

  
 disendirikan. Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak
 
  mampu sebaiknya masuk ke Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah
  
 gratis khusus tuna grahita.


                         



             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar