ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA
DIDIK
Untuk
Memenuhi Tugas Mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
Yang
dibina oleh Bapak Drs.Nur widodo, M.kes
Nama Kelompok :
Melia Mega Sari (201210070311147)
Diah Ayu Wulandari (201210070311158)
Aris Widodo (201210070311165)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER 2012
1.
IDENTITAS
Kelompok 2 : Genius Anggara Putra (139)
Tiara Cahyaning P.U (164)
Nindi Nazula Fajarini (170)
Keterangan : Genius Anggara Putra (139) : tidak hadir
Kelompok 2 : Genius Anggara Putra (139)
Tiara Cahyaning P.U (164)
Nindi Nazula Fajarini (170)
Keterangan : Genius Anggara Putra (139) : tidak hadir
2. JUDUL
“ ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK”
3. RINGKASAN
Pertumbuhan
merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif
pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi
tertentu yang baru dari organisme atau individu.
Proses Perkembangan. Terdapat empat macam faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan campur tangan orang tua dan guru dalam mengarahkannya. Keempat faktor itu diantaranya adalah pertumbuhan dan perkembangan system saraf,pertumbuhan otot-otot,perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan struktur jasmani
Proses Perkembangan. Terdapat empat macam faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan campur tangan orang tua dan guru dalam mengarahkannya. Keempat faktor itu diantaranya adalah pertumbuhan dan perkembangan system saraf,pertumbuhan otot-otot,perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan struktur jasmani
Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia :
a. Dalam Kandungan : Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan
peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan
sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi.
a. Dalam Kandungan : Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan
peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan
sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi.
b. Bayi
» Jenis Kelamin : Berdasarkan jenis kelaminnya di bedakan
berdasarkan laki-laki dan perempuan.
berdasarkan laki-laki dan perempuan.
» Berat Lahir : Berat bayi yang baru lahir biasanya antara 2,5 hingga 3
kg (2500-3000 gram) dengan panjang 48 cm - 54 cm.
kg (2500-3000 gram) dengan panjang 48 cm - 54 cm.
» Warna Kuning : 25-30 % bayi
berwarna kuning pada sekitar tiga hari
pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar
bilirubin dalam darahnya.
pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar
bilirubin dalam darahnya.
» Kulit : Warna kulit bayi yang semula berwarna
abu-abu atau kebiruan
pada saat baru lahir, secara perlahan akan berubah menjadi
kemerahan.
pada saat baru lahir, secara perlahan akan berubah menjadi
kemerahan.
» Tali Pusat : Tali pusat pada bayi secara perlahan
akan menyusut,
kering dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya tali
pusat akan lepas dalam 5-10 hari.
» Kerak Kepala : Pada beberapa bayi biasanya terdapat kerak dan
lapisan
berminyak yang menutupi seluruh permukaan
kulit kepala
(cradle cap).
kering dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya tali
pusat akan lepas dalam 5-10 hari.
» Kerak Kepala : Pada beberapa bayi biasanya terdapat kerak dan
lapisan
berminyak yang menutupi seluruh permukaan
kulit kepala
(cradle cap).
» Rambut : Bila bayi ibu tidak memiliki rambut lebat saat lahir, jangan
khawatir karena hal ini normal saja.
khawatir karena hal ini normal saja.
» Daerah-Daerah lembut : Ubun-ubun bayi (fontanel) terdapat di atas
dan di belakang kepala bayi, serta
dilindungi oleh selaput kuat serta tebal.
dan di belakang kepala bayi, serta
dilindungi oleh selaput kuat serta tebal.
c. Anak-anak : Pertumbuhan fisik pada
anak-aak terdiri dari tinggi dan berat
badan serta proporsi dan bentuk tubuh.
badan serta proporsi dan bentuk tubuh.
d. Remaja :
Pertumbuhan fisik pada remaja di pengaruhi oleh pubertas yang
dialami cirri fisiknya dibedakan atas jenis kelamin.
dialami cirri fisiknya dibedakan atas jenis kelamin.
e. Dewasa : Pada saat ini pertumbuhan individu berada pada
puncaknya,berupa pematangan dari saat remaja
puncaknya,berupa pematangan dari saat remaja
f. Manula : Pada saat ini
muncul kemunduran-kemunduran fisik yang
dialami
dialami
Pentingnya Perkembangan Fisik dalam Proses
Belajar Mengajar. Hal ini sangat penting dan berpengaruh karena pada proses
belajar mengajar diperlukan keadaan fisik yang lengkap. Biotipologi Menurut
Sheldon,proporsi ukuran tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utama
yaitu,endomorph,mesomorph,dan eetomorph.
4. TANYA JAWAB
1. Dwi Ridho Cahyo P (153)
Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik
Apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa
Digunakan? Lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?
Jawab : Iya,karena kalau tidak diklasifikasikan, masak kita (mahasiswa)
disamakan dengan anak SD. Fisik harus sesuai dengan pelajaran
yang diberi.
1. Dwi Ridho Cahyo P (153)
Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik
Apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa
Digunakan? Lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?
Jawab : Iya,karena kalau tidak diklasifikasikan, masak kita (mahasiswa)
disamakan dengan anak SD. Fisik harus sesuai dengan pelajaran
yang diberi.
2. Henik
Kurniawati (141)
Mengenai aspek perkembangan fisik, fisik orang yang tidak lengkap
itu tempat pembelajarannya disamakan atau dibedakan?
Jawab : Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa
jadi mengganggu temannya atau peserta didik yang lain
Ditanggapi oleh : Rizka Mahargian
Kan SLB itu mahal,bagaimana dengan yang berasal dari keluarga yang
Tidak mampu?
Jawab : Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ketempat belajar gratis
untuk tuna grahita
3. Nayla Berliana (170)
Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah dijelaskan, akan tetapi ,apakah teori tersebut sudah pasti benar? Terus cara kita
membedakan antara yang dewasa dengan yangremaja itu bagaimana?
Jawab : Teori belum tentu benar, karena ada juga penyimpangan fisik
Perbedaannya dilihat di slide.
Mengenai aspek perkembangan fisik, fisik orang yang tidak lengkap
itu tempat pembelajarannya disamakan atau dibedakan?
Jawab : Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa
jadi mengganggu temannya atau peserta didik yang lain
Ditanggapi oleh : Rizka Mahargian
Kan SLB itu mahal,bagaimana dengan yang berasal dari keluarga yang
Tidak mampu?
Jawab : Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ketempat belajar gratis
untuk tuna grahita
3. Nayla Berliana (170)
Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah dijelaskan, akan tetapi ,apakah teori tersebut sudah pasti benar? Terus cara kita
membedakan antara yang dewasa dengan yangremaja itu bagaimana?
Jawab : Teori belum tentu benar, karena ada juga penyimpangan fisik
Perbedaannya dilihat di slide.
5. KESIMPULAN
1.Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif
2.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan
system saraf. Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin
dan perubahan jasmani.
3.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalam
kandungan,bayi, Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
4. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
5. Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja
dan dewasa. Belum tentu sesuai dengan kenyataan
6. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya
disendirikan. Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak
mampu sebaiknya masuk ke Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah
gratis khusus tuna grahita.
1.Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif
2.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan
system saraf. Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin
dan perubahan jasmani.
3.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalam
kandungan,bayi, Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
4. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
5. Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja
dan dewasa. Belum tentu sesuai dengan kenyataan
6. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya
disendirikan. Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak
mampu sebaiknya masuk ke Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah
gratis khusus tuna grahita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar