PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Latar belakang
Perkembangan merupakan suatu proses yang terjadi selama manusia hidup sehingga
mengenai perkembangan seseorang tidak lagi seperti dahulu yang berhenti pada
waktu seseorang menjalani kedewasaannya.
Tujuannya untuk
mengetahui arti dari perkembangan pesrta didik dan memenuhi tugas mata kuliah
Perkembangan Belajar Peserta didik .
Metode, pada
penulisan ini yang dilakukan diskusi dan tanya jawab
Hasil perkembangan
dan pertumbuhan peserta didik dapat dilihat dari keperibadian seseorang baik
tingkah lakunya maupun cara belajarnya.
A.
Anggota kelompok: 1. Fennalia Putri
.S. (201210070311172)
2. Fitri
Wenning .S. (201210070311163)
3. Mochammad lukman
.H. (201210070311134)
B.Materi
a. Dan Pertumbuhan Perkembangan Peserta Didik
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah
secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada
suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau
individu.
Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan
berkesinambungan baik fisik maupun psikis
b.Fungsi Dan Tugas Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
1). Fasilator
2). Motivator
3). InvomatorIs. 6).ispirator. 9). Demonstator
4).
Pembingbing. 7).
Organisator 10). Mediator
5). Kolektor. 8). Insiator 11). Pengelolaan kelas
12). SuverVisor
13).Evaluator.
Fungsi dan
tugas guru antara lain :
a. Mengontrol perilaku peserta didiknya
,khususnya di lingkup formal /sekolah
b. Secara eksklusif mempunyai pemahaman
tentang pengajaran kepada peserta didik
c. Guru sendiri harus
mengambil tanggung jawab lebih
untuk mengendalikan praktek
mengajar
d. Memperluas pengetahuan pemahaman peserta
didiknya
e. Harus
lebih menekankan inovasi dalam pelayanan pendidikan
c.Tujuan Mempelajari Peserta Didik
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
3. Membantu mengenali adanya
penyimpangan yang terjadi pada diri peserta
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
4. Untuk memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.
Alasan perlunya mempelajari perkembangan peserta didik:
1. Masa perkembangan yang cepat : masa anak
akan terjadi perkembangan yang cepat
2. Pengaruh yang lama : pengaruh yang
pengalaman yang di berikan anak akan terlihat dalam jangka panjang
3. Proses
yang kompleks: memerlukan proses yang lama dalam bentuk pemahaman yang tepat
4. Nilai
yang di harapkan: nilai yang di pahami dalam terintegrasi dirinya sendiri
5. Masalah
yang menarik: anak merupakan mahluk yang menarik
d. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Perkembangan Peserta Didik
1. Faktor
Internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri
yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut
mengembangkan dirinya sendiri. 2. Faktor
Eksternal
Yaitu hal – hal yang datang atau ada
diluar diri siswa/peserta didik yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan)
dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungan.
e. Prinsip-Prinsip Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
PRINSIP 1 : Perkembangan Melibatkan
Perubahan.
Berkembang berarti mengalami perubahan, baik secara kuantitatif
maupun kualitatif. Perubahan secara
kuantitatif disebut juga pertumbuhan
PRINSIP 2 : Perkembangan Awal Lebih
Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya.
Saat anak berusia 0 – 5 tahun merupakan
saat yang kritis bagi perkembangan
selanjutnya. Perkembangan awal kehidupan merupakan landasan bagi
pembentukan dasar – dasar kepribadian seseorang.
PRINSIP 3 :
Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar.
Menurut teori Konvergensi yang dikemukakan oleh Stern, perkembangan PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola
Tertentu yang Dapat diramalkan.
Perubahan akibat perkembangan yang
terjadi pada seseorang mengikuti pola urut tertentu yang sama. Perkembangan
fisik dan psikis bayi, misalnya mengikuti arah anggota tubuh. Serta menyebar
keseluruh tubuh.seseorang merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
PRINSIP 5 : Pola
Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu.
Pola perkembangan, selain mengikuti
pola tertentu yang dapat diramalkan, juga terdapat pola-pola perkembangan
karakteristik tertentu.
PRINSIP 6 :Terdapat
Perbedaan Individu dalam Perkembangan.
Dalam perkembangan seseorang selain
terdapat pla-pola umum yang sama terdapat pula perbedaan pada hal-hal yang
khusus.
PRINSIP 7 : Setiap
Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus.
Setiap anak atau peserta didik
merupakan indivudu yang berbeda yang harus diperlakuakan berbeda secara
individual. Pada perkembangan secara keseluruhan dan juga pada periode atau
tahapan perkembangan dalam kehidupan seseorang, terdapat pola-pola umum.
PRINSIP 8 : Terhadap
Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan.
Pada setiap periode perkembangan
juga terdapat harapan sosial, yang oleh Havighurst disebut tugas perkembangan
(development task). Mengingat pentingnya peran tugas perkembangan pada setiap
periode perkembangan, maka akan dibahas secara tersendiri khususnya tugas
perkembangan pada periode anak usia SD/MI (6-12 tahun).
PRINSIP 9 : Setiap Perkembangan
Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko.
Bahaya potensial atau resiko yang
terjadi karena peralihan antarperiode perkembangan yakni, dari periode
perkembangan sebelumnya ke periode perkembangan selanjutnya, terjadi kedaan
ketidak seimbangan dan adanya tututan social terhadap perserta didik yang
sedang berkembang.
PRINSIP 10 :
Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan.
Kebahagiaan dalam perkembangan sangat bervariasi karena sifatnya
subjektif. Rasa kebahagiaan itu
dipersepsi dan dirasakan setiap orang dengan cara yang sangat bervariasi. Akan
tetapi, banyak orang berpendapat bahwa, masa anak merupakan periode yang
membahagiakan dibandingkan dengan periode-periode lainnya.
C. Hasil Tanya Jawab Pada Diskusi
1.Penanya :M. Dani (201210070311140)
Pertanyaan : Apa fungsi
Ekspetasi secara menyeluruh?
Penjawab :Fennalia Putri .S.
(201210070311172)
Jawaban :Eksperimen
artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata
Atau real, bukan
angan-angan saja.
2. Penanya : Baiq eka ramdhani (201210070311155)
Pertanyaan : Apa pengertian
Ekspentasi?
Penjawab : Fitri Wening .S. (201210070311163)
Jawaban :Fungsi Ekspetasi adalah kita bisa
menghadapi persoalan secara nyata.
3. Penanya : waqiatus Sholiha (201210070311156)
Pertanyaan : Bagaimana cara mengontrol perilaku peserta didik? Dan
apa
Contohnya.
Penjawab : Mochammad lukman .H.
(201210070311134)
Jawaban : Memberi nasehat,
memberi motifasi atau dorongan dll.
D. KESIMPULAN
Pertumbuhan diartikan sebagai
perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan
menunjukan pada sesuatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak)
dan organisme atau individu
Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan kesinambungan
baik fisik maupun psikis
Peranan guru sebagai motivator,
inspirator, inisiator dan faktor – faktor yang mempenaruhi perkembangan peserta
didik di bedakan menjadi faktor internal dan eksternal.
Nama
Anggota Kelompok :
1. Rahmatul
Aini (201210070311156)
2. Nuriza
Rozaq Ma’rufah (201210070311152)
3. Evie
Fitriana (201210070311148)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar