Senin, 10 Desember 2012

PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK


PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK

ABSTRAK
Latar belakang Perkembangan merupakan suatu proses yang terjadi selama manusia hidup sehingga mengenai perkembangan seseorang tidak lagi seperti dahulu yang berhenti pada waktu seseorang menjalani kedewasaannya.
Tujuannya untuk mengetahui arti dari perkembangan pesrta didik dan memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta didik .
Metode, pada penulisan ini yang dilakukan diskusi dan tanya jawab
Hasil perkembangan dan pertumbuhan peserta didik dapat dilihat dari keperibadian seseorang baik tingkah lakunya maupun cara belajarnya.


       A. Anggota kelompok:  1. Fennalia Putri .S.                    (201210070311172)
                                  2. Fitri Wenning .S.                    (201210070311163)
                                  3. Mochammad lukman .H.        (201210070311134)
      B.Materi
     a. Dan Pertumbuhan Perkembangan Peserta Didik
 Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.
  Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis
b.Fungsi Dan Tugas  Guru Yang Berkaitan Dengan Peserta Didik
1). Fasilator
2). Motivator
3). InvomatorIs.                  6).ispirator.           9). Demonstator 
4). Pembingbing.                7). Organisator     10). Mediator 
5). Kolektor.                       8). Insiator           11). Pengelolaan kelas
                                                                               12). SuverVisor
                                                                               13).Evaluator.
Fungsi dan tugas guru antara lain :
a.       Mengontrol perilaku peserta didiknya ,khususnya di lingkup formal /sekolah
b.      Secara eksklusif mempunyai pemahaman tentang pengajaran kepada peserta didik
c.       Guru sendiri harus mengambil tanggung jawab lebih untuk mengendalikan praktek mengajar
d.      Memperluas pengetahuan pemahaman peserta didiknya
e.       Harus lebih menekankan inovasi dalam pelayanan pendidikan
      c.Tujuan Mempelajari Peserta Didik
            1. Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
            2. Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat.
            3. Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta                
            4. Untuk  memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat.

Alasan perlunya mempelajari perkembangan peserta didik:
1.    Masa perkembangan yang cepat : masa anak akan terjadi perkembangan yang cepat
2.    Pengaruh yang lama : pengaruh yang pengalaman yang di berikan anak akan terlihat dalam jangka panjang
3.    Proses yang kompleks: memerlukan proses yang lama dalam bentuk pemahaman yang tepat
4.    Nilai yang di harapkan: nilai yang di pahami dalam terintegrasi dirinya sendiri
5.    Masalah yang menarik: anak merupakan mahluk yang menarik
   d. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
        1.    Faktor Internal
    Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri. 2.      Faktor Eksternal
Yaitu hal – hal yang datang atau ada diluar diri siswa/peserta didik yang     meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungan.
   e. Prinsip-Prinsip Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
            PRINSIP 1 : Perkembangan Melibatkan Perubahan.
  Berkembang berarti mengalami perubahan, baik secara kuantitatif maupun    kualitatif. Perubahan secara kuantitatif disebut juga pertumbuhan
PRINSIP 2 : Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya.
Saat anak berusia 0 – 5 tahun merupakan saat yang kritis bagi perkembangan  selanjutnya. Perkembangan awal kehidupan merupakan landasan bagi pembentukan dasar – dasar kepribadian seseorang.
   PRINSIP 3 : Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar.
  Menurut teori Konvergensi yang dikemukakan oleh Stern, perkembangan       PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
Perubahan akibat perkembangan yang terjadi pada seseorang mengikuti pola urut tertentu yang sama. Perkembangan fisik dan psikis bayi, misalnya mengikuti arah anggota tubuh. Serta menyebar keseluruh tubuh.seseorang merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
  PRINSIP 5 : Pola Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu.
Pola perkembangan, selain mengikuti pola tertentu yang dapat diramalkan, juga terdapat pola-pola perkembangan karakteristik tertentu.
  PRINSIP 6 :Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan.
Dalam perkembangan seseorang selain terdapat pla-pola umum yang sama terdapat pula perbedaan pada hal-hal yang khusus.
  PRINSIP 7 : Setiap Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus.
Setiap anak atau peserta didik merupakan indivudu yang berbeda yang harus diperlakuakan berbeda secara individual. Pada perkembangan secara keseluruhan dan juga pada periode atau tahapan perkembangan dalam kehidupan seseorang, terdapat pola-pola umum.
  PRINSIP 8 : Terhadap Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan.
Pada setiap periode perkembangan juga terdapat harapan sosial, yang oleh Havighurst disebut tugas perkembangan (development task). Mengingat pentingnya peran tugas perkembangan pada setiap periode perkembangan, maka akan dibahas secara tersendiri khususnya tugas perkembangan pada periode anak usia SD/MI (6-12 tahun).
            PRINSIP 9 : Setiap Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko.
Bahaya potensial atau resiko yang terjadi karena peralihan antarperiode perkembangan yakni, dari periode perkembangan sebelumnya ke periode perkembangan selanjutnya, terjadi kedaan ketidak seimbangan dan adanya tututan social terhadap perserta didik yang sedang berkembang.
  PRINSIP 10 : Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan.
  Kebahagiaan dalam perkembangan sangat bervariasi karena sifatnya subjektif.    Rasa kebahagiaan itu dipersepsi dan dirasakan setiap orang dengan cara yang sangat bervariasi. Akan tetapi, banyak orang berpendapat bahwa, masa anak merupakan periode yang membahagiakan dibandingkan dengan periode-periode lainnya.
C. Hasil Tanya Jawab Pada Diskusi
1.Penanya         :M. Dani                 (201210070311140)
   Pertanyaan     : Apa fungsi Ekspetasi secara menyeluruh?
   Penjawab       :Fennalia Putri .S.   (201210070311172)
   Jawaban         :Eksperimen artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata
                           Atau real, bukan angan-angan saja.
2. Penanya       : Baiq eka ramdhani  (201210070311155)
    Pertanyaan   : Apa pengertian Ekspentasi?
    Penjawab     :  Fitri Wening .S.      (201210070311163)
    Jawaban       :Fungsi Ekspetasi adalah kita bisa menghadapi persoalan secara nyata.
3. Penanya     : waqiatus Sholiha        (201210070311156)
    Pertanyaan : Bagaimana cara mengontrol perilaku peserta didik? Dan apa 
                          Contohnya.
    Penjawab    : Mochammad lukman .H. (201210070311134)
    Jawaban      : Memberi nasehat, memberi motifasi atau dorongan dll.
      D. KESIMPULAN
 Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan menunjukan pada sesuatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dan organisme atau individu
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan kesinambungan baik fisik maupun psikis
Peranan guru sebagai motivator, inspirator, inisiator dan faktor – faktor yang mempenaruhi perkembangan peserta didik di bedakan menjadi faktor internal dan eksternal.


          
Nama Anggota Kelompok :
1.      Rahmatul Aini                                (201210070311156)
2.      Nuriza Rozaq Ma’rufah                 (201210070311152)
3.      Evie Fitriana                                   (201210070311148)









                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar