Senin, 10 Desember 2012

ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK


ASPEK PERKEMBANGAN  FISIK PESERTA DIDIK

ABSTRAK
Perkembangan peserta didik adalah salah satu aspek yang sangat penting dan                           mempengaruhi aspek-aspek perkembangan lainya, sehingga penulis mengangkat aspek perkembangan fisik peserta didik ini sebagai pembahasan, bertujuan untuk mengetahui proses perkembangan seseorang .metode pada  pembahasan kali ini adalah studi kelas dan studi perpustakaan.hasilnya dapat kita lihat dari segi pertumbuhan fisik seseorang   melalui perubahan-perubahan  yang terjadi.


    A .Anggota kelompok:1.Genius Anggara P.      (201210070311138)
                                         2.Tiara Cahyaning P.U.  (201210070311164)
                                        3. Nindi Nazula F.           (201210070311170)
   B. Materi
     a. Pengertian Pertumbuhan
pertumbuhan Pertumbuhan merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.Konsep mempunyai makna luas, mencangkup segi-segi kuantitatif dan kualitatif serta aspek-aspek fisik-psikis seperti yang terkandung dalam istilah-istilah pertumbuhan, kematangan dan belajar atau pendidikan dan latihan.Belajar atau pendidikan menunjukkan kepada perubahan pola-pola sambutan atau perilaku dan aspek-aspek kepribadian tertentu sebagai hasil usaha individu atau organisme yang bersangkutan dalam batas-batas waktu setelah tiba masa pekanya.Pertumbuhan terbatas pada perubahan-perubahan yang bersifat evolusi menuju ke arah yang lebih sempurna)
               b. Proses Perkembangan
 Terdapat empat macam faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan campur tangan orang tua dan guru dalam mengarahkannya yang meliputi
a)      Pertumbuhan dan perkembangan sistem syaraf.
b)       Pertumbuhan otot-otot.
c)       Perkembangan dan pertumbuhan fungsi keledokrin.
d)     Perubahan struktur jasmani. Semakin meningkat usia anak maka akan semakin meningkat pula ukuran tinggi dan bobot serta proporsi tubuh pada umumnya.
               c. Ciri-Ciri Pertumbuhan Sejak lahir Hingga Lanjut Usia
            1.  Dalam Kandungan
Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi.
2.      Bayi
2.1        Jenis Kelamin
      Berdasarkan kodratnya, bayi di bedakan menjadi laki-laki dan perempuan
2.2        Berat bayi
     Berat bayi yang baru lahir biasanya antara 2,5 hingga 3 kg  (2500-3000 gram) dengan panjang 48 cm - 54 cm.
2.3        Warna kulit
    25-30 % bayi berwarna kuning pada sekitar tiga hari  pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar bilirubin dalam darahnya. Bila gerakan bayi masih aktif, masih menyusu dengan kuat, ibu tidak perlu khawatir karena hal ini adalah hal yang normal
                  2.4     Tali pusat
    Tali pusat pada bayi secara perlahan akan menyusut, kering dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya tali pusat akan lepas dalam 5-10 hari.
                        2.5     Kerak kepala
    Pada sebagian bayi terdapat beberapa kerak dan lapisan minyak yang fungsi untuk     menutupi permukaan kulit kelapa (cradle cap).
                  2.6    Rambut
     Bila bayi ibu tidak memiliki rambut lebat saat lahir, jangan khawatir karena hal ini normal saja. bayi yang baru lahir memiliki bulu-bulu halus di tubuhnya, disebut lanugo. Biasanya akan rontok dalam beberapa minggu.
                  2.7    Daerah-daerah lembut
    Ubun-ubun bayi terasa lembut, karena tengkorak bayi baru lahir belum menyatu dengan sempurna.
3.      Anak-anak
      Pada masa di mana anak-anak mengalami pertumbuhan,    terbentuklah tinggi dan berat badan, serta proporsi dalam bentuk tubuh.
4.      Remaja
     Remaja adalah masa dimana seseorang mengalami suatu  pubertas dan ditandai dengan berbagai pristiwa menurut jenis kelamin masing-masing.
                      5 . Dewasa
      Pada periode dewasa awal, penampilan, kekuatan dan kesehatan fisik mencapai puncaknya dan masih dalam periode ini terjadi penurunan. Penampilan,kekuatan dan kesehatan fisik mencapai puncak pada periode permulaan dewasa dan berakhir menurun pada akhir dewasa awal.
5.      Manula
     Manula merupakan awal dari berkurangnya
           d. Pentingnya Perkembangan Fisik dalam Proses Belajar mengajar
   Proses belajar berlangsung secara fisik dan mental. Anak melakukan berbagai aktivitas fisik sebagai pengalaman belajar.  
             e. Biotipologi

     Berdasarkan tipologi Sheldon proporsi ukuran tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utama. Tiga tipe tubuh    tersebut adalah : endomorph, mesomorph, dan eetomorph.
                 C. Hasil Tanya Jawab Pada Diskusi
                        1). Penanya     : Dwi Ridho Cahyo P (201210070311153)
                            Pertanyaan  :Aspek Fisik dari peserta didik dan klasifikasi tindak  
                                                 pendidikan Fisik apa yang berpengaruh pada klasifikasi
                                                 tingkat pendidikan?Kenapa bisa di pakai? Lalu apa
                                                 alasan mengapa aspek fisik jadi patokan
                             Penjawab    : Nindi Nazula F        (20120070311170)
                             Jawaban      : Iya, karena tidak diklasifikasikan, masak kita
                                                   (Mahasiswa) disamakan   dengan anak SD.Fisik harus                                   
                                                   sesui dengan denga pelajaran yang diberi.             
                        2). Penanya     : Henik                       (20120070311141)
                             Pertanyaan  : Mengenai aspek perkembangan Fisik, Fisik orang yang
                                                  Lengkap Itu tempat pembelajarannya disamakan atau di
                                                  bedakan?
                            Penjawab    : Tiara Cahyaning P.U. ( 201210070311164)
                             Jawaban     : Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri
                                                   dan bisa Menjadi mengganggu temannya atau peserta
                                                    didik yang lain
                           Disambung oleh : Rizka mahargian
                           Sambungan  : Kan SLB itu mahal, bagaimana yang berasal dari                 
                                                keluarga yang tidak  Mampu?
                         
                           Jawaban      : Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ke tempat
                                                 belajar gratis Untuk tuna grahita.
                       3). Penanya     : Nayla Berlian N.      (201210070311171)
                            Pertanyaan : Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah
                                                 dijelaskan,  Akan tetapi  apakah teori tersebut sudah pasti
                                                 benar? Terus cara kita Membedakan antara yang dewasa
                                                  dengan yang remaja itu bagaimana?
                             Penjawab    : Nindi Nazula F.       (201210070311170)
                              Jawaban      : Teori belum tentu benar, karena ada juga
                                                    penyimpangan fisik  Perbedaannya dilihat dari slide.
                 D. Kesimpulan
                   1. Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif.
                   2. Proses perkembangan di pengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembanan
                       sistem saraf, Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin
                       dan perubahan Jasmani.
                   3. Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalam
                       kandungan Bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan manula.
                   4. Aspek fisik jadi acuan klasifikasi pendidikan.
                   5. Teori yang telah ditentukan atau di kemukakan tentang perbedaan remaja
                        dan  Dewasa belum tentu sessuai dengan dengan kenyataan.
                  6.Anak yang cacat (Thuna grahita) sebaiknya tempat pengajarnya
                      disendirikan Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak
                     mampu sebaiknya  Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau sekolah
                     gratis khusus tuna grahita.

              Nama Kelompok: Rahmatul Aini                (201210070311156)
                                            Nuriza Rozaq Ma’rufah (201210070311152)
                                            Evie Fitriana                   (201210070311148)
                            












         



                    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar