ASPEK
PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Perkembangan peserta
didik adalah salah satu aspek yang sangat penting dan mempengaruhi aspek-aspek
perkembangan lainya, sehingga penulis mengangkat aspek perkembangan fisik peserta
didik ini sebagai pembahasan, bertujuan untuk mengetahui proses perkembangan
seseorang .metode pada pembahasan kali
ini adalah studi kelas dan studi perpustakaan.hasilnya dapat kita lihat dari
segi pertumbuhan fisik seseorang melalui perubahan-perubahan yang terjadi.
A .Anggota kelompok:1.Genius Anggara P. (201210070311138)
2.Tiara Cahyaning P.U. (201210070311164)
3. Nindi Nazula F. (201210070311170)
B.
Materi
a. Pengertian Pertumbuhan
pertumbuhan Pertumbuhan
merupakan perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi
jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang
baru (yang tadinya belum tampak) dari organisme atau individu.Konsep mempunyai
makna luas, mencangkup segi-segi kuantitatif dan kualitatif serta aspek-aspek
fisik-psikis seperti yang terkandung dalam istilah-istilah pertumbuhan,
kematangan dan belajar atau pendidikan dan latihan.Belajar atau pendidikan
menunjukkan kepada perubahan pola-pola sambutan atau perilaku dan aspek-aspek
kepribadian tertentu sebagai hasil usaha individu atau organisme yang
bersangkutan dalam batas-batas waktu setelah tiba masa pekanya.Pertumbuhan
terbatas pada perubahan-perubahan yang bersifat evolusi menuju ke arah yang
lebih sempurna)
b.
Proses Perkembangan
Terdapat empat macam faktor yang mendorong
kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan campur tangan
orang tua dan guru dalam mengarahkannya yang meliputi
a)
Pertumbuhan
dan perkembangan sistem syaraf.
b)
Pertumbuhan otot-otot.
c)
Perkembangan dan pertumbuhan fungsi
keledokrin.
d)
Perubahan
struktur jasmani. Semakin meningkat usia anak maka akan semakin meningkat pula
ukuran tinggi dan bobot serta proporsi tubuh pada umumnya.
c. Ciri-Ciri Pertumbuhan Sejak
lahir Hingga Lanjut Usia
1. Dalam
Kandungan
Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan
peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan
peristiwa fertilisasi.
2. Bayi
2.1
Jenis Kelamin
Berdasarkan kodratnya, bayi di
bedakan menjadi laki-laki dan perempuan
2.2
Berat bayi
Berat bayi yang baru lahir biasanya antara
2,5 hingga 3 kg (2500-3000 gram) dengan
panjang 48 cm - 54 cm.
2.3
Warna kulit
25-30 % bayi
berwarna kuning pada sekitar tiga hari
pertama kelahirannya yang terkait dengan kadar bilirubin dalam darahnya.
Bila gerakan bayi masih aktif, masih menyusu dengan kuat, ibu tidak perlu
khawatir karena hal ini adalah hal yang normal
2.4 Tali pusat
Tali
pusat pada bayi secara perlahan akan menyusut, kering dan berubah warna menjadi
hitam. Biasanya tali pusat akan lepas dalam 5-10 hari.
2.5 Kerak kepala
Pada sebagian bayi terdapat beberapa kerak
dan lapisan minyak yang fungsi untuk
menutupi permukaan kulit kelapa (cradle cap).
2.6 Rambut
Bila bayi
ibu tidak memiliki rambut lebat saat lahir, jangan khawatir karena hal ini
normal saja. bayi yang baru lahir memiliki bulu-bulu halus di tubuhnya, disebut
lanugo. Biasanya akan rontok dalam beberapa minggu.
2.7
Daerah-daerah lembut
Ubun-ubun bayi terasa lembut, karena
tengkorak bayi baru lahir belum menyatu dengan sempurna.
3.
Anak-anak
Pada masa di mana anak-anak
mengalami pertumbuhan, terbentuklah
tinggi dan berat badan, serta proporsi dalam bentuk tubuh.
4.
Remaja
Remaja adalah masa dimana
seseorang mengalami suatu pubertas dan
ditandai dengan berbagai pristiwa menurut jenis kelamin masing-masing.
5 . Dewasa
Pada periode dewasa awal, penampilan,
kekuatan dan kesehatan fisik mencapai puncaknya dan masih dalam periode ini
terjadi penurunan. Penampilan,kekuatan dan kesehatan fisik mencapai puncak pada
periode permulaan dewasa dan berakhir menurun pada akhir dewasa awal.
5. Manula
Manula
merupakan awal dari berkurangnya
d. Pentingnya Perkembangan Fisik dalam Proses
Belajar mengajar
Proses belajar berlangsung secara fisik dan mental. Anak melakukan
berbagai aktivitas fisik sebagai pengalaman belajar.
e.
Biotipologi
Berdasarkan tipologi Sheldon proporsi ukuran
tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utama. Tiga tipe tubuh tersebut adalah : endomorph, mesomorph, dan
eetomorph.
C. Hasil Tanya Jawab Pada Diskusi
1). Penanya : Dwi Ridho Cahyo P (201210070311153)
Pertanyaan :Aspek Fisik dari peserta didik dan
klasifikasi tindak
pendidikan Fisik apa yang berpengaruh pada klasifikasi
tingkat pendidikan?Kenapa bisa di pakai? Lalu apa
alasan mengapa aspek fisik jadi patokan
Penjawab
: Nindi Nazula F
(20120070311170)
Jawaban
: Iya, karena tidak diklasifikasikan, masak kita
(Mahasiswa) disamakan dengan
anak SD.Fisik harus
sesui dengan denga pelajaran yang diberi.
2). Penanya : Henik (20120070311141)
Pertanyaan : Mengenai aspek perkembangan Fisik, Fisik
orang yang
Lengkap Itu tempat
pembelajarannya disamakan atau di
bedakan?
Penjawab : Tiara Cahyaning P.U. ( 201210070311164)
Jawaban
: Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri
dan bisa Menjadi mengganggu temannya atau peserta
didik yang lain
Disambung
oleh : Rizka mahargian
Sambungan
: Kan SLB itu mahal, bagaimana yang berasal dari
keluarga yang tidak Mampu?
Jawaban
: Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ke tempat
belajar gratis Untuk tuna grahita.
3). Penanya : Nayla Berlian N. (201210070311171)
Pertanyaan : Perbedaan antara remaja dengan
dewasa secara teori telah
dijelaskan, Akan tetapi
apakah teori tersebut sudah pasti
benar? Terus cara kita Membedakan
antara yang dewasa
dengan yang remaja itu bagaimana?
Penjawab
: Nindi Nazula F. (201210070311170)
Jawaban
: Teori belum tentu benar, karena ada juga
penyimpangan fisik Perbedaannya dilihat dari slide.
D. Kesimpulan
1. Pertumbuhan adalah perubahan alamiah
secara kuantitatif.
2. Proses perkembangan di pengaruhi oleh 4
faktor, yaitu perkembanan
sistem saraf,
Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin
dan perubahan Jasmani.
3. Perkembangan bayi hingga lanjut usia
dimulai sejak masih dalam
kandungan Bayi,
anak-anak, remaja, dewasa, dan manula.
4. Aspek fisik jadi acuan klasifikasi
pendidikan.
5. Teori yang telah ditentukan atau
di kemukakan tentang perbedaan remaja
dan Dewasa belum tentu sessuai dengan dengan
kenyataan.
6.Anak yang cacat (Thuna grahita) sebaiknya
tempat pengajarnya
disendirikan Contohnya di
SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak
mampu sebaiknya Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau
sekolah
gratis khusus tuna grahita.
Nama Kelompok: Rahmatul Aini (201210070311156)
Nuriza Rozaq Ma’rufah (201210070311152)
Evie Fitriana (201210070311148)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar