Jurnal Belajar PBPD Kelompok 2
ASPEK
PERKEMBANGAN FISIK
PESERTA
DIDIK
(Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah
Perkembangan Belajar Peserta Didik)
Yang
dibina oleh Bpk. Nur Widodo
Disusun
Oleh :
Kelompok 12
Kelompok 12
Dwi Kurniawati 201210070311139
Baiq Eka Ramdhani 201210070311155
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER
2012
Bab II
ASPEK PERKEMBANGAN
FISIK PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Perlu kita
ketahui bahwasanya perkembangan fisik sangat diperlukan pada peserta didik
karena dapat mempengaruhi aspek-aspek perkembangan lainnya. perkembangan fisik
secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku seseorang
dalam kehidupannya, pertumbuhan atau perkembangan fisik akan mempengaruhi cara anak memandang
dirinya sendiri dan orang lain.Mengingat pentingnya tentang hal ini, Penulis mengangkat
“Aspek Perkembangan Fisik Peserta Didik” sebagai bahan penulisan. Tujuan bahan
penulisan untuk memperdalam materi yang berkaitan dengan perkembangan fisik
peserta didik dan memenuhi tugas
individu mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik.Metode yang
digunakan pada penulisan kali ini ialah
studi pustaka dan studi kelas, dan Hasil perkembangan fisik peserta didik dapat
dilihat dari berbagai faaktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan
fisiknya.
Kata kunci: Perkembangan, Fisik, Peserta
didik
A. ANGGOTA KELOMPOK
1.Genius Anggara Putra (201210070311139)
2.Tiara Cahyaning P.U (201210070311164)
3.Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
Keterangan: Genius Anggara Putra tidak hadir
1.Genius Anggara Putra (201210070311139)
2.Tiara Cahyaning P.U (201210070311164)
3.Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
Keterangan: Genius Anggara Putra tidak hadir
B.MATERI
a. Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu.
b. Proses perkembangan
Terdapat empat faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skilss anak,diantaranya ialah pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf, pertumbuhan otot-otot, perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan struktur jasmani.
a. Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu.
b. Proses perkembangan
Terdapat empat faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skilss anak,diantaranya ialah pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf, pertumbuhan otot-otot, perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan struktur jasmani.
C. Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir
Hingga Lanjut Usia
c.1 Dalam Kandungan
Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi, kemudian menghasilkan zygote yang membelah menjadi embrio.tahap perkembangan dan pertumbuhan embrionik terbagi menjadi tiga tahap yaitu Morula, Blastula, dan Gastrula.
c.2 Bayi
c.2.1 Jenis Kelamin
Berdasarkan jenis kelaminnya, bayi dibedakan menjadi laki-laki dan
perempuan yang memiliki ciri-ciri yang berbeda.
c.2.2 Berat dan Tinggi Badan
Bayi yang baru lahir biasanya memiliki berat berkisar antara 2,5 kg hingga 3
kg dengan panjang 48 cm hingga 54 cm.
c.2.3 Warna
Tiga hari pertama, sekitar dua puluh lima persen sampai tiga puluh persen
Bayi berwarna kuning, ini terkait dengan kadar bilirubin dalam darahnya.
Bila gerakan bayi aktif, masih menyusu dengan kuat, hal ini adalah normal.
Namun jika timbul pada 24 jam pertama, bayi harus segera dibawa ke Rumah
Sakit.
c.2.4 Kulit
Warna kulit bayi semula berwarna abu-abu atau kebiruan pada saat baru lahir,
Dan secara perlahan akan berubah menjadi kemerahan.
c.2.5 Tali Pusat
Tali pusat bayi secara perlahan akan menyusut, kering dan berubah warna
Menjadi hitam.Tali pusat tersebut akan lepas dalam kurun waktu 5 hingga 10
Hari.
c.2.6 Kerak Kepala
Pada beberapa bayi terdapat kerak dan lapisan minyak yang menutupi seluruh
Permukaan kulit kepala(cradle cap), hal ini akibat kelebihan kelenjar sebum.
c.2.7 Rambut
Bila bayi tidak memiliki rambut lebat saat lahir,itu adalah hal yang wajar,bayi
Yang baru lahir memiliki bulu-bulu halus ditubuhnya disebut lanugo.
c.2.8 Daerah-Daerah Lembut (Ubun-Ubun)
Terdapat diatas dan dibelakang kepala bayi, dan dilindungi oleh selaput kuat
Dan tebal.
c.3 Anak-Anak
Pertumbuhan fisik pada anak-anak terbagi menjadi dua yaitu tinggi dan berat
badan serta proporsi dan bentuk tubuh
c.4 Remaja
Pertumbuhan fisik pada remaja dipengaruhi oleh pubertas yang dialami,ciri
Fisiknya dibedakan atas jenis kelamin
c.5 Dewasa
Pada saat ini pertumbuhan individu berada pada puncaknya, berupa
Pematangan dari saat remaja
c.6 Manula
Pada saat ini muncul kemunduran –kemunduran fisik yang dialami.
c.1 Dalam Kandungan
Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi, kemudian menghasilkan zygote yang membelah menjadi embrio.tahap perkembangan dan pertumbuhan embrionik terbagi menjadi tiga tahap yaitu Morula, Blastula, dan Gastrula.
c.2 Bayi
c.2.1 Jenis Kelamin
Berdasarkan jenis kelaminnya, bayi dibedakan menjadi laki-laki dan
perempuan yang memiliki ciri-ciri yang berbeda.
c.2.2 Berat dan Tinggi Badan
Bayi yang baru lahir biasanya memiliki berat berkisar antara 2,5 kg hingga 3
kg dengan panjang 48 cm hingga 54 cm.
c.2.3 Warna
Tiga hari pertama, sekitar dua puluh lima persen sampai tiga puluh persen
Bayi berwarna kuning, ini terkait dengan kadar bilirubin dalam darahnya.
Bila gerakan bayi aktif, masih menyusu dengan kuat, hal ini adalah normal.
Namun jika timbul pada 24 jam pertama, bayi harus segera dibawa ke Rumah
Sakit.
c.2.4 Kulit
Warna kulit bayi semula berwarna abu-abu atau kebiruan pada saat baru lahir,
Dan secara perlahan akan berubah menjadi kemerahan.
c.2.5 Tali Pusat
Tali pusat bayi secara perlahan akan menyusut, kering dan berubah warna
Menjadi hitam.Tali pusat tersebut akan lepas dalam kurun waktu 5 hingga 10
Hari.
c.2.6 Kerak Kepala
Pada beberapa bayi terdapat kerak dan lapisan minyak yang menutupi seluruh
Permukaan kulit kepala(cradle cap), hal ini akibat kelebihan kelenjar sebum.
c.2.7 Rambut
Bila bayi tidak memiliki rambut lebat saat lahir,itu adalah hal yang wajar,bayi
Yang baru lahir memiliki bulu-bulu halus ditubuhnya disebut lanugo.
c.2.8 Daerah-Daerah Lembut (Ubun-Ubun)
Terdapat diatas dan dibelakang kepala bayi, dan dilindungi oleh selaput kuat
Dan tebal.
c.3 Anak-Anak
Pertumbuhan fisik pada anak-anak terbagi menjadi dua yaitu tinggi dan berat
badan serta proporsi dan bentuk tubuh
c.4 Remaja
Pertumbuhan fisik pada remaja dipengaruhi oleh pubertas yang dialami,ciri
Fisiknya dibedakan atas jenis kelamin
c.5 Dewasa
Pada saat ini pertumbuhan individu berada pada puncaknya, berupa
Pematangan dari saat remaja
c.6 Manula
Pada saat ini muncul kemunduran –kemunduran fisik yang dialami.
c.Pentingnya Perkembangan
Fisik Dalam Proses Belajar Mengajar
Hal ini sangat berpengaruh karena pada proses belajar mengajar di perlukan keadaaan fisik yang lengkap.
Hal ini sangat berpengaruh karena pada proses belajar mengajar di perlukan keadaaan fisik yang lengkap.
d.Biotipologi
Menurut Sheldon, Proporsi ukuran tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utam yaitu endomorpli, mesomorpli, dan etomorpli.
Menurut Sheldon, Proporsi ukuran tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utam yaitu endomorpli, mesomorpli, dan etomorpli.
C.HASIL TANYA JAWAB PADA DISKUSI
1. Penanya : Dwi Ridho Cahyo P (201210070311153)
Pertanyaaan: Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik
Apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa
Digunakan? Lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?
Penjawab : Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
Jawaban : Iya,karena kalau tidak diklasifikasikan, masak kita (mahasiswa)
Disamakan dengan anak SD. Fisik harus sesuai dengan pelajaran yang
| Diberi.
1. Penanya : Dwi Ridho Cahyo P (201210070311153)
Pertanyaaan: Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik
Apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa
Digunakan? Lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?
Penjawab : Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
Jawaban : Iya,karena kalau tidak diklasifikasikan, masak kita (mahasiswa)
Disamakan dengan anak SD. Fisik harus sesuai dengan pelajaran yang
| Diberi.
2. Penanya : Henik Kurniawati
(201210070311141)
Pertanyaan : Mengenai aspek perkembangan fisik, fisik orang yang tidak lengkap
Itu tempat pembelajarannya disamakan atau dibedakan?
Penjawab : Tiara Cahyaning P.U (201210070311141)
Jawaban : Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa jadi
Mengganggu temannya atau peserta didik yang lain
Ditanggapi oleh : Rizka Mahargian
Tanggapan : Kan SLB itu mahal,bagaimana dengan yang berasal dari keluarga yang
Tidak mampu?
Jawaban : Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ketempat belajar gratis
Untuk tuna grahita
3. Penanya : Nayla Berliana (201210070311170)
Pertanyaan : Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah dijelaskan,
akan tetapi ,apakah teori tersebut sudah pasti benar? Terus cara kita
membedakan antara yang dewasa dengan yangremaja itu bagaimana?
Penjawab : Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
Jawaban : Teori belum tentu benar, karena ada juga penyimpangan fisik
Perbedaannya dilihat di slide.
Pertanyaan : Mengenai aspek perkembangan fisik, fisik orang yang tidak lengkap
Itu tempat pembelajarannya disamakan atau dibedakan?
Penjawab : Tiara Cahyaning P.U (201210070311141)
Jawaban : Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa jadi
Mengganggu temannya atau peserta didik yang lain
Ditanggapi oleh : Rizka Mahargian
Tanggapan : Kan SLB itu mahal,bagaimana dengan yang berasal dari keluarga yang
Tidak mampu?
Jawaban : Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ketempat belajar gratis
Untuk tuna grahita
3. Penanya : Nayla Berliana (201210070311170)
Pertanyaan : Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah dijelaskan,
akan tetapi ,apakah teori tersebut sudah pasti benar? Terus cara kita
membedakan antara yang dewasa dengan yangremaja itu bagaimana?
Penjawab : Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
Jawaban : Teori belum tentu benar, karena ada juga penyimpangan fisik
Perbedaannya dilihat di slide.
D.KESIMPULAN
1.Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif
2.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan sistem saraf,
Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan jasmani
3.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalm kandungan, bayi,
Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
4. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
5.Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja dan dewasa
Belum tentu sesuai dengan kenyataan
6. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya disendirikan
Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak mampu sebaiknya masuk ke
Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah gratis khusus tuna grahita.
1.Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif
2.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan sistem saraf,
Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan jasmani
3.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalm kandungan, bayi,
Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
4. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
5.Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja dan dewasa
Belum tentu sesuai dengan kenyataan
6. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya disendirikan
Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak mampu sebaiknya masuk ke
Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah gratis khusus tuna grahita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar