Senin, 10 Desember 2012

ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK


Jurnal Belajar PBPD Kelompok 2
ASPEK PERKEMBANGAN FISIK
PESERTA DIDIK

(Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik)
Yang dibina oleh Bpk. Nur Widodo


                                                                                                  
Disusun Oleh :

Kelompok 12
Dwi Kurniawati 201210070311139
Baiq Eka Ramdhani 201210070311155

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER 2012



Bab II
ASPEK PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK

ABSTRAK
Perlu kita ketahui bahwasanya perkembangan fisik sangat diperlukan pada peserta didik karena dapat mempengaruhi aspek-aspek perkembangan lainnya. perkembangan fisik secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku seseorang dalam kehidupannya, pertumbuhan atau perkembangan fisik akan mempengaruhi cara anak memandang dirinya sendiri dan orang lain.Mengingat pentingnya tentang hal ini, Penulis mengangkat “Aspek Perkembangan Fisik Peserta Didik” sebagai bahan penulisan. Tujuan bahan penulisan untuk memperdalam materi yang berkaitan dengan perkembangan fisik peserta didik dan memenuhi tugas  individu mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik.Metode yang digunakan pada penulisan kali ini  ialah studi pustaka dan studi kelas, dan Hasil perkembangan fisik peserta didik dapat dilihat dari berbagai faaktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan fisiknya.
Kata kunci: Perkembangan, Fisik, Peserta didik








A. ANGGOTA KELOMPOK                                                                      
    1.Genius Anggara Putra (201210070311139)                               
    2.Tiara Cahyaning P.U   (201210070311164)                               
    3.Nindi Nazula Fajarini  (201210070311170)
 Keterangan: Genius Anggara Putra tidak hadir

B.MATERI
    a. Pengertian Pertumbuhan
        Pertumbuhan adalah  perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan atau menunjukkan fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu.
    b. Proses perkembangan
            Terdapat empat faktor yang mendorong kelanjutan perkembangan motor skilss anak,diantaranya ialah pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf, pertumbuhan otot-otot, perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan struktur jasmani.

C. Ciri-ciri Pertumbuhan Sejak Lahir Hingga Lanjut Usia
        c.1 Dalam Kandungan
               
Tahap awal perkembangan manusia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi, kemudian menghasilkan zygote yang membelah menjadi embrio.tahap perkembangan dan pertumbuhan embrionik terbagi menjadi tiga tahap yaitu Morula, Blastula, dan Gastrula.
        c.2 Bayi
           c.2.1 Jenis Kelamin
                 Berdasarkan jenis kelaminnya, bayi dibedakan menjadi laki-laki dan 
                 perempuan yang memiliki ciri-ciri yang berbeda.
           c.2.2 Berat dan Tinggi Badan
                 Bayi yang baru lahir biasanya memiliki berat berkisar antara 2,5 kg hingga 3
                 kg dengan panjang 48 cm hingga 54 cm.
           c.2.3 Warna
                 Tiga hari pertama, sekitar dua puluh lima persen sampai tiga puluh persen
                 Bayi berwarna kuning, ini terkait dengan kadar bilirubin dalam darahnya.
                 Bila gerakan bayi aktif, masih menyusu dengan kuat, hal ini adalah normal.
                Namun jika timbul pada 24 jam pertama, bayi harus segera dibawa ke Rumah
                Sakit.
            c.2.4 Kulit
               Warna kulit bayi semula berwarna abu-abu atau kebiruan pada saat baru lahir,
                Dan secara perlahan akan berubah menjadi kemerahan.
            c.2.5 Tali Pusat
               Tali pusat bayi secara perlahan akan menyusut, kering dan berubah warna
               Menjadi hitam.Tali pusat tersebut akan lepas dalam kurun waktu 5 hingga 10
               Hari.
            c.2.6 Kerak Kepala
               Pada beberapa bayi terdapat kerak dan lapisan minyak yang menutupi seluruh
               Permukaan kulit kepala(cradle cap), hal ini akibat kelebihan kelenjar sebum.
            c.2.7 Rambut
               Bila bayi tidak memiliki rambut lebat saat lahir,itu adalah hal yang wajar,bayi
               Yang baru lahir memiliki bulu-bulu halus ditubuhnya disebut lanugo.
            c.2.8 Daerah-Daerah Lembut (Ubun-Ubun)
               Terdapat diatas dan dibelakang kepala bayi, dan dilindungi oleh selaput kuat
               Dan tebal.
           c.3 Anak-Anak
              Pertumbuhan fisik pada anak-anak terbagi menjadi dua yaitu tinggi dan berat
              badan serta proporsi dan bentuk tubuh
           c.4 Remaja
              Pertumbuhan fisik pada remaja dipengaruhi oleh pubertas yang dialami,ciri
              Fisiknya dibedakan atas jenis kelamin
          c.5 Dewasa
              Pada saat ini pertumbuhan individu berada pada puncaknya, berupa
              Pematangan dari saat remaja
          c.6 Manula
              Pada saat ini muncul kemunduran –kemunduran fisik yang dialami.
        c.Pentingnya Perkembangan Fisik Dalam Proses Belajar Mengajar
            Hal ini sangat berpengaruh karena pada proses belajar mengajar di perlukan keadaaan fisik yang lengkap.
       d.Biotipologi
            Menurut Sheldon, Proporsi ukuran tubuh dikelompokkan menjadi tiga tipe utam yaitu endomorpli, mesomorpli, dan etomorpli.
C.HASIL TANYA JAWAB PADA DISKUSI
1. Penanya      : Dwi Ridho Cahyo P (201210070311153)
    Pertanyaaan: Aspek fisik dari peserta didik dan klasifikasi tingkat pendidikan,fisik
                          Apa berpengaruh pada klasifikasi tingkat pendidikan? Kenapa
                          Digunakan? Lalu apa alasan mengapa aspek fisik jadi patokan?
     Penjawab  :  Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
     Jawaban   :   Iya,karena kalau tidak diklasifikasikan, masak kita (mahasiswa)
                          Disamakan dengan anak SD. Fisik harus sesuai dengan pelajaran yang
|                         Diberi.
2. Penanya       : Henik Kurniawati (201210070311141)
    Pertanyaan  : Mengenai aspek perkembangan fisik, fisik orang yang tidak lengkap
                          Itu tempat pembelajarannya disamakan atau dibedakan?
    Penjawab    : Tiara Cahyaning P.U (201210070311141)
    Jawaban      : Harus dibedakan, karena mengganggu orang itu sendiri dan bisa jadi
                          Mengganggu temannya atau peserta didik yang lain
Ditanggapi oleh : Rizka Mahargian
     Tanggapan  : Kan SLB itu mahal,bagaimana dengan yang berasal dari keluarga yang
                           Tidak mampu?
     Jawaban     :  Masuk ke yayasan khusus tuna grahita atau ketempat belajar gratis
                           Untuk tuna grahita
3. Penanya      :  Nayla Berliana (201210070311170)
    Pertanyaan  : Perbedaan antara remaja dengan dewasa secara teori telah dijelaskan,
                          akan tetapi ,apakah teori tersebut sudah pasti benar? Terus cara kita
                          membedakan antara yang dewasa dengan yangremaja itu bagaimana?
    Penjawab     : Nindi Nazula Fajarini (201210070311170)
    Jawaban    : Teori belum tentu benar, karena ada juga penyimpangan fisik
                        Perbedaannya dilihat di slide.
D.KESIMPULAN
 1.Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif
 2.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan sistem saraf,
    Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan jasmani
 3.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalm kandungan, bayi,
    Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
 4. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
 5.Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja dan dewasa
    Belum tentu sesuai dengan kenyataan
6. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya disendirikan
    Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak mampu sebaiknya masuk ke
    Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah gratis khusus tuna grahita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar