Jurnal Belajar PBPD Kelompok 1
PENGERTIAN PERKEMBANGAN BELAJAR
PESERTA DIDIK
(Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah
Perkembangan Belajar Peserta Didik)
Yang
dibina oleh Bpk. Nur Widodo
Disusun
Oleh :
Kelompok
12
Dwi Kurniawati 201210070311139
Baiq Eka Ramdhani 201210070311155
Dwi Kurniawati 201210070311139
Baiq Eka Ramdhani 201210070311155
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER
2012
Bab I
PENGERTIAN PERKEMBANGAN
BELAJAR PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Perkembangan
adalah perubahan yang dialami oleh individu, dan perubahan ini cenderung ke
arah sikap, perilaku.peertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif. Mengingat pentingnya tentang hal
ini, Penulis mengangkat “Pengertian Perkembangan Belajar Peserta Didik” sebagai
bahan penulisan. Tujuan bahan penulisan untuk memperdalam materi yang berkaitan
dengan perkembangan belajar peserta didik dan memenuhi tugas individu mata kuliah Perkembangan Belajar
Peserta Didik.Metode yang digunakan pada penulisan kali ini ialah studi pustaka dan studi kelas, dan
Hasil perkembangan belajar peserta didik
dapat dilihat dari berbagai faktor yang mempengaruhi perkerkembangan belajar
peserta didik serta prinsip dalm pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
Kata Kunci: Perkembangan, Peserta
didik
A.
ANGGOTA KELOMPOK
1.Fithri Wening Sasmita (201210070311163)
2.Mochammad Luqman Hakim (201210070311134)
3.Fennalia Putri S (201210070311172)
1.Fithri Wening Sasmita (201210070311163)
2.Mochammad Luqman Hakim (201210070311134)
3.Fennalia Putri S (201210070311172)
B.MATERI
a.Pengertian Perkembangan dan Pertumbuhan
Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh individu,dan cenderung kearah sikap dan perilaku,sedangkan pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif.
b.Fungsi dan Tugas yang Berkaitan dengan Peserta Didik
b.1 Peranan Guru
1. Fasilitator
hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar mengajar.
2. Motivator
guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belaja
3. Informator
guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum
4. Pembimbing
Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari semua peran yang telah disebutkan di atas adalah sebagai pembimbing
5. Korektor
Sebagai korektor guru harus bisa membedakan mana nilai yang baik dan
6. Inspirator
Sebagai inspirator guru harus dapat membedakan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik
7. Organisator
Sebagai organisator adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan oleh guru dalam bidang ini memiliki kegiatan pengelolaan kegiataan akademik dan lain sebagainya.
a.Pengertian Perkembangan dan Pertumbuhan
Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh individu,dan cenderung kearah sikap dan perilaku,sedangkan pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif.
b.Fungsi dan Tugas yang Berkaitan dengan Peserta Didik
b.1 Peranan Guru
1. Fasilitator
hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar mengajar.
2. Motivator
guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belaja
3. Informator
guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum
4. Pembimbing
Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari semua peran yang telah disebutkan di atas adalah sebagai pembimbing
5. Korektor
Sebagai korektor guru harus bisa membedakan mana nilai yang baik dan
6. Inspirator
Sebagai inspirator guru harus dapat membedakan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik
7. Organisator
Sebagai organisator adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan oleh guru dalam bidang ini memiliki kegiatan pengelolaan kegiataan akademik dan lain sebagainya.
8.
Inisator
Sebagai inisiator guru harus dapat menjadi pencetur ide-ide kemajuan dan pendidikan
9. Demonstrator
Dalam interaksi edukatif, tidak semua bahan pelajaran anak didik pahami
10. Pengelolaan kelas
Guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan baik
11. Mediator
Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan
12. Supervisor
Guru hendaknya dapat membantu memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
13. Evaluator
Guru dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur dengan memerikan penilaian yang menyentuh aspek intrinsik dan ekstrinsik
b.2 Fungsi dan Tugas Guru
1.Mengontrol perilaku peserta didik
2.Memperluas pengetahuan pemahaman peserta didik
3.Memberikan inovasi dalam pelayanan pendidikan
4.Secara eksklusif mempunyai pemahaman tentang pengajaran
5.Bertanggung jawab dalam praktek belajar mengajar
c.Tujuan mempelajari peserta didik
c.1 Tujuan:
1.Agar mempunyai ekspetasi yang nyata
2.Dapat merespon perilaku peserta didik
3.Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada peserta
Didik
4.Untuk memahami diri sehingga dapt berperilaku secara tepat
c.2 Alasan mempelajari perkembangan pesertad didik
1.Masa perkembangan yang cepat 4.Nilai yang diharapkan
2.Pengaruh yang lama 5.Masalah yang menarik
3.Proses yang kompleks
d.Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
d.1 Faktor Internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri, diantaranya:
1.Faktor fisiologis adalah faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu
2.Faktor psikologis adalah faktor-faktor dalam hal kejiwaan,mental,dan emosi
d.2 Faktor Eksternal
Yaitu hal-hal yang ada diluar diri siswa,yang meliputu lingkun.Lingkungan
dibedakan menjadi beberapa bagian
1.lingkungan Sosial
Lingkungan ini meliputi lingkungan sosial masyrakat,lingkungan sosial keluarga
dan Lingkungan sosial sekolah
2.lingkungan non sosial
Lingkungan non sosial meliputi lingkungan alamiah dan faktor instrumental
e.Prinsip-Prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik
PRINSIP 1 : Perkembangan Melibatkan Perubahan.
Sebagai inisiator guru harus dapat menjadi pencetur ide-ide kemajuan dan pendidikan
9. Demonstrator
Dalam interaksi edukatif, tidak semua bahan pelajaran anak didik pahami
10. Pengelolaan kelas
Guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan baik
11. Mediator
Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan
12. Supervisor
Guru hendaknya dapat membantu memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
13. Evaluator
Guru dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur dengan memerikan penilaian yang menyentuh aspek intrinsik dan ekstrinsik
b.2 Fungsi dan Tugas Guru
1.Mengontrol perilaku peserta didik
2.Memperluas pengetahuan pemahaman peserta didik
3.Memberikan inovasi dalam pelayanan pendidikan
4.Secara eksklusif mempunyai pemahaman tentang pengajaran
5.Bertanggung jawab dalam praktek belajar mengajar
c.Tujuan mempelajari peserta didik
c.1 Tujuan:
1.Agar mempunyai ekspetasi yang nyata
2.Dapat merespon perilaku peserta didik
3.Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada peserta
Didik
4.Untuk memahami diri sehingga dapt berperilaku secara tepat
c.2 Alasan mempelajari perkembangan pesertad didik
1.Masa perkembangan yang cepat 4.Nilai yang diharapkan
2.Pengaruh yang lama 5.Masalah yang menarik
3.Proses yang kompleks
d.Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
d.1 Faktor Internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri, diantaranya:
1.Faktor fisiologis adalah faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu
2.Faktor psikologis adalah faktor-faktor dalam hal kejiwaan,mental,dan emosi
d.2 Faktor Eksternal
Yaitu hal-hal yang ada diluar diri siswa,yang meliputu lingkun.Lingkungan
dibedakan menjadi beberapa bagian
1.lingkungan Sosial
Lingkungan ini meliputi lingkungan sosial masyrakat,lingkungan sosial keluarga
dan Lingkungan sosial sekolah
2.lingkungan non sosial
Lingkungan non sosial meliputi lingkungan alamiah dan faktor instrumental
e.Prinsip-Prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik
PRINSIP 1 : Perkembangan Melibatkan Perubahan.
Berkembang berarti mengalami perubahan, baik secara
kuantitatif maupun kualitatif. Perubahan secara kuantitatif disebut juga
pertumbuhan Perubahan secara kualitatif ditandai dengan adanya
perubahan fungsi yang bersifat progresif / maju dan terarah . Contoh : misalnya
jika anda mengalami rambut rontok, maka akan tumbuh rambut baru, kemampuan
bahasa anak berubah dari sekedar menangis hingga mampu berbicara dan
berkomunikasi dengan orang lain.
PRINSIP 2 : Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada
Perkembangan Selanjutnya.
Saat
anak berusia 0 – 5 tahun merupakan saat yang kritis bagi perkembangan
selanjutnya. Perkembangan awal kehidupan merupakan landasan bagi pembentukan
dasar – dasar kepribadian seseorang.
PRINSIP 3 : Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar.
PRINSIP 3 : Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar.
Menurut teori Konvergensi yang dikemukakan oleh Stern,
perkembangan seseorang merupakan hasil proses kematangan dan belajar. Menurut
teori Naturalisme perkembangan seseorang terutama ditentukan oleh faktor alam,
bakat pembawaan, keturunan, termasuk didalamnya kematangan seseorang.
Contoh : perkembangan bakat atau kemampuan seorang anak yang berbakat di bidang tari tidak akan optimal apabila tidak mendapat kesempatan belajar tari. Jadi, potensi anak yang sudah ada atau dibawa sejak lahir akan berkembang optimal apabila lingkungan mendukungnya.
PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
Contoh : perkembangan bakat atau kemampuan seorang anak yang berbakat di bidang tari tidak akan optimal apabila tidak mendapat kesempatan belajar tari. Jadi, potensi anak yang sudah ada atau dibawa sejak lahir akan berkembang optimal apabila lingkungan mendukungnya.
PRINSIP 4 : Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang Dapat diramalkan.
Perubahan akibat perkembangan yang terjadi pada seseorang
mengikuti pola urut tertentu yang sama. Demikian juga pada perkembangan pola
anak belajar berjalan. Sebelumnya, anak mampu duduk lebih dahulu, berdiri, baru
dapat berjalan. Urutan pola ini tetap pada setiap anak, hanya berbeda dalam
kecepatan yang dibutuhkan setiap anak.
PRINSIP 5 : Pola Perkembangan Memiliki
Karakteristik Tertentu.
Pola perkembangan, selain mengikuti pola tertentu yang
dapat diramalkan, juga terdapat pola-pola perkembangan karakteristik tertentu.
Perkembangan bergerak dari tanggapan yang umum menuju yang lebih khusus.
PRINSIP 6 :Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan.
PRINSIP 6 :Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan.
Dalam perkembangan seseorang selain terdapat pla-pola
umum yang sama terdapat pula perbedaan pada hal-hal yang khusus. Adanya
perbedaan individu dalam perkembangan disebabkan setiap anak adalah individu
yang unik.
PRINSIP 7 : Setiap Periode Perkembangan
Memiliki Karakteristik Khusus.
Setiap
anak atau peserta didik merupakan indivudu yang berbeda yang harus
diperlakuakan berbeda secara individual.
PRINSIP 8 : Terhadap Harapan Sosial pada Setiap Periode
Perkembangan.
Pada setiap periode perkembangan juga terdapat harapan
sosial, yang oleh Havighurst disebut tugas perkembangan (development task). Peserta
didik yang mengalami keberhasilan dalam menyelesaikan tugas perkembangannya
akan mengalami rasa bahagia. Sebaliknya, peserta didik yang mengalami kegagalan
atau kekurang berhasilan dalam menyelesaikan tugas perkembangannya, akan merasa
kurang bahagia sehingga dapat menghambat perkembangan selanjutnya.
PRINSIP 9 : Setiap Perkembangan
Mengandung Bahaya Potensial/ Resiko.
Bahaya potensial atau resiko yang terjadi karena peralihan
antarperiode perkembangan yakni, dari periode perkembangan sebelumnya ke
periode perkembangan selanjutnya, terjadi kedaan ketidak seimbangan dan adanya
tututan social terhadap perserta didik yang sedang berkembang.
PRINSIP 10 : Kebahagian bervariasi pada Berbagai Periode
Perkembangan.
Kebahagiaan dalam perkembangan sangat bervariasi karena sifatnya subjektif. Rasa kebahagiaan itu dipersepsi dan dirasakan setiap orang dengan cara yang sangat bervariasi. Akan tetapi, banyak orang berpendapat bahwa, masa anak merupakan periode yang membahagiakan dibandingkan dengan periode-periode lainnya.
Kebahagiaan dalam perkembangan sangat bervariasi karena sifatnya subjektif. Rasa kebahagiaan itu dipersepsi dan dirasakan setiap orang dengan cara yang sangat bervariasi. Akan tetapi, banyak orang berpendapat bahwa, masa anak merupakan periode yang membahagiakan dibandingkan dengan periode-periode lainnya.
C.HASIL TANYA JAWAB PADA DISKUSI
Pertanyaan:
1.Muhamad Dani Ircham(201210070311140)
Fungsi ekspetasi secara menyeluruh apa?
2.Baiq Eka Ramdhani (201210070311155)
Apa Pengertian Ekspentasi?
3.Waqiatus Shaliha(201210070311161)
Bagaimana Cara mengontrol perilaku peserta didik?
Jawaban:
1.Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata atau rem bukan ancangan
Saja
2.Fungsi Ekspetasi ialah kita bisa menghadapi persoalan secara nyata
Contohnya saja kita bisa langsung praktek tidak hanaya belajar teorinya saja
3.Dengan cara memberi nasehat, memberi motivasi dan dorongan
Pertanyaan:
1.Muhamad Dani Ircham(201210070311140)
Fungsi ekspetasi secara menyeluruh apa?
2.Baiq Eka Ramdhani (201210070311155)
Apa Pengertian Ekspentasi?
3.Waqiatus Shaliha(201210070311161)
Bagaimana Cara mengontrol perilaku peserta didik?
Jawaban:
1.Ekspetasi artinya kemampuan yang diharapkan secara nyata atau rem bukan ancangan
Saja
2.Fungsi Ekspetasi ialah kita bisa menghadapi persoalan secara nyata
Contohnya saja kita bisa langsung praktek tidak hanaya belajar teorinya saja
3.Dengan cara memberi nasehat, memberi motivasi dan dorongan
D.KESIMPULAN
1.Pertumbuhan ialah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau
Fisik
2.Perkembangan ialah perubahan yang dialami oleh individu atau organisme lain
Menuju tingkat kedewasaan yang berlangsung
3.Peranan guru sebagai Fasilator,Motivator, Informator, Pembimbing, Korektor,
Inspirator,Organisator, Insiator, Demonstrator, Mediator, Pengelola kelas,Supervisor
dan Evaluator
4.Faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dibedakan menjadi faktor
internal dan eksternal
5.Ada sepuluh prinsip yang terdapat pada pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
1.Pertumbuhan ialah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau
Fisik
2.Perkembangan ialah perubahan yang dialami oleh individu atau organisme lain
Menuju tingkat kedewasaan yang berlangsung
3.Peranan guru sebagai Fasilator,Motivator, Informator, Pembimbing, Korektor,
Inspirator,Organisator, Insiator, Demonstrator, Mediator, Pengelola kelas,Supervisor
dan Evaluator
4.Faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dibedakan menjadi faktor
internal dan eksternal
5.Ada sepuluh prinsip yang terdapat pada pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
6.Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu perkembangan sistem
saraf,
Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan jasmani
7.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalm kandungan, bayi,
Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
8. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
9.Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja dan dewasa
Belum tentu sesuai dengan kenyataan
10. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya disendirikan
Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak mampu sebaiknya masuk ke
Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah gratis khusus tuna grahita.
Pertumbuhan otot, perkembangan fungsi kelenjar endokrin dan perubahan jasmani
7.Perkembangan bayi hingga lanjut usia dimulai sejak masih dalm kandungan, bayi,
Anak-anak, remaja, dewasa, dan manula
8. Aspek fisik menjadi acuan atau klasifikasi dalam pendidikan
9.Teori yang telah ditentukan atau dikemukakan tentangperbedaan remaja dan dewasa
Belum tentu sesuai dengan kenyataan
10. Anak yang cacat (tuan grahita) sebaiknya tempat pengajararannya disendirikan
Contohnya di SLB, jika berasal dari keluarga yang tidak mampu sebaiknya masuk ke
Yayasan khusus tuna grahita atau sekolah gratis khusus tuna grahita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar